7 Alasan Kenapa Influencer Mesti Punya Desain Web yang Profesional

7 Alasan Kenapa Influencer Mesti Punya Desain Web yang Profesional

Kalau anak zaman sekarang ditanya,

“kamu mau jadi apa?”

“aku mau jadi youtuber”

“aku mau jadi blogger”

“aku mau jadi influencer”

Intinya profesi yang berhubungan dengan zamannya. Kenapa anak zaman 90an ditanya ingin jadi apa, jawabnya jadi dokter, astronot, karena abad 20an itu emang lagi hype banget pekerjaan itu.

Nah, sekarang apa relate? Belum tentu. Karena anak zaman sekarang lebih cenderung ingin menjadi apa-apa yang mereka lihat.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas. Tapi kenapa sih influencer itu penting punya desain web yang profesional.

Influencer secara harfiah orang yang punya otoritas memengaruhi audiencenya. Entah influencer ini dari youtube atau blog. Yang jelas setiap opini yang influencer update kalau satu suara dengan audiencenya makin loyal deh. Bahkan rela mau membagikan itu ke timeline atau story pribadinya.

Kalau mau serius jadi influencer, jangan hanya buat terkenal di Instagram atau youtube aja. Buat website juga. Kenapa? Sebentar lagi kamu tau.

Untuk jadi influencer itu mudah. Saking mudahnya kebanyakan orang nggak sanggup untuk berani menyampaikan opini, menjadi suara atas banyak orang, dan konsisten sharing konten di platform (blog atau youtube atau soundcloud).

Terus kenapa influencer begitu penting mesti punya desain web yang profesional?

#1. Desain Profesional Itu Impressed

Desain ibarat penampilan kamu sebagai seorang influencer. Salah sedikit bisa dikomentari habis-habisan. Seperti Justin Bieber yang cukur rambut fansnya marah-marah. Hehe. Udah fanatik sekali.

Coba lihat web Grapiku impressed banget kan? Web tersebut jual Jasa pembuatan website berkualitas. Relate banget kan sama desainnya? Jual desain juga desain webnya udah menjual.

Mestinya kamu pun begitu sebagai seorang influencer. Orang udah impressed banget sama kamu. Ketika berkunjung ke website kamu. Mereka makin yakin sama kamu.

screenshoot by me

#2. Lebih Berkarakter

Desain itu membangun persepsi di benak audience. Maka dari itu kamu sebagai influencer jangan nggak jelas nggak punya karakter. Lihat desain Grapiku, lebih berkarakter ‘kan?

Mestinya kamu pun demikian. Aku perhatikan kebanyakan influencer menggunakan nama pribadi. Lalu dibuatkan desain kit-nya. Mulai dari logo hingga style sehari-hari yang merek pakai.

Lebih percaya mana penjual jilbab tapi penjualnya pake baju (you can see) terbuka dengan penjual jilbab yang rapih nan santun? Kebanyakan orang akan pilih dan sepakat yang kedua.

Mestinya kamu pun demikian lebih punya karakter. Setiap postingan kamu tata rapih dan didesain dengan menarik. Ya kalau belum bisa sewa tim, baiknya konsultasi sama yang lebih ahli. Daripada bikin sendiri tapi kurang memuaskan dan nggak berkarakter?

#3. Jangan Takut Kehilangan Audience

Begini. Di dunia digital marketing Instagram, Youtube, Facebook, dan media sosial lainnya hanya traffic sources atau sumber pengunjung yang sifatnya nggak kekontrol.

Kalau kamu sering mendatangkan audience ke website kamu dan di sana ada konten yang bisa dinikmati oleh audience. Ketika akun kamu kena banned atau dihack. Audience kamu masih ingat kalau kamu punya website.

Website ibarat rumah. Ketika kamu pindah tempat kerja. Tapi temen kamu tau rumah kamu, mudah sekali untuk bertemu dengan kamu?

Di website kamu bisa bangun database kok. Karena email adalah media yang kita bisa kontrol. Karena audience bisa kita interupsi dengan notifikasi.

Lagi pula di website data audience lebih detail di banding Youtube dan Instagram. Jadi mulai aja pakai Jasa pembuatan website berkualitas dari Grapiku.

#4. Punya Unique Selling

Kebanyakan mereka yang terjun ke dunia digital memiliki ciri khas termasuk punya desain web yang profesional punya unqiue selling tersendiri. Bikin orang makin percaya sama jasa kamu.

Coba kamu bayangin, misal ada suatu brand kepengen ngiklanin menggunakan micro influencer. (eh jangan salah ya, sekarang brand itu nyari micro influencer yang followersnya Instagramnya 1000-10.000. Bukan aku yang bilang, tapi marketeers.com). Tapi melihat kamu ada websitenya. Mereka akan jauh lebih tertarik ketika melihat profil lebih detail di website.

#5. Mudah Ditemukan

Kebanyakan influencer menggunakan nama asli dan lengkap atau nama panggung. Seperti nama Kadika, hehe. Kalau nama asli kamu ada yang sama? Gimana? Woles aja.

Dengan kamu memiliki domain nama pribadi kamu mudah ditemukan. Coba aja kamu ketik nama lengkapku Dwi Andika Pratama. Pasti blog ini yang muncul di google. Kalaupun ada artis yang nama lengkapnya seperti aku, ya blogku yang pertama muncul.

Yang jelas domain itu cuman kamu doang yang punya.

#6. Branding

“kayaknya dia cocok banget buat promosiin kedai kopi brand kita” kalau website kamu lebih banyak tentang review kopi. Bisa jadi kamu bakal diajak kerjasama untuk endorsement. Yang jelas itu nambah pundi pundi uang toh? Hehe.

#7. Mudah untuk Kampanye

Biasanya kalau influencer itu suka bikin giveaway supaya followersnya makin banyak. Padahal kalau lebih keren lagi pakai website. Supaya #BeneranBranding gitu loh.

Apalagi desain webnya udah profesional, berkarakter, dan berkualitas. Orang yang berkunjug makin impressed aja.

Tapi ada yang paling penting dari itu semua sebelum kamu jadi influencer. Yakni memengaruhi diri kamu sendiri. Karena influence itu artinya memengaruhi.

Akan lebih strong influence saat kamu udah beres dengan dirimu. 7 alasan ini lebih menguatkan kamu sebagai siapa.[]

stock image: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.