Belajar Blog Marketing

belajar blog marketing

Menindaklanjuti postingan ku di facebook.. kalau aku akan bahas Blog Marketing.. karena banyak yang tertarik. Yaudah aku tulis sesegera mungkin. Yang ku tulis berdasarkan pengalaman, pemahaman, pemangatan, dan pengalaman orang lain.

Blog marketing, apa yang terlintas dipikiran Anda? Kalau aku sih sebuah upaya mempromosikan blog yang di dalam blognya ada transaksi.. terlepas itu blog publisher, blog affiliate, atau personal blog agar makin menduniaaa..

Ada 7 Channel yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda. Tentunya bisa Anda praktekkan satu persatu sesuai kapasitas dan sepemahaman Anda.. agar apa? Lebih mudah untuk dipraktekin dan hasilnya lebih cepat terlihat.. (generasi michin nih.. kepengen cepet cepet mulu wkwk)

Setidaknya ada beberapa goal kenapa blog mesti dimarketingkan.

  1. Trafik meningkat drastik
  2. Kalau udah meningkat kemungkinan orang klik iklan pun besar
  3. Kemungkinan orang yang beli produk kita juga besar

Yuk ah langsung aja bahas satu per satu channel apa yang bisa ngebantu blog kita meningkat trafik dan sales.

 

  1. SEO (Search Engine Optimalization)

Search Engine Optimalization begitu orang mengatakannya.. agar ribet kalau yang baru tau tuh. Wkwk.. terus terang selama 4 tahun blogging baru tahun ini mendalami SEO selain ada lomba yang berkaitan dengan SEO juga pekerjaan menuntut untuk itu..

Aku memahami secara konsep dan cara kerja SEO itu di bukunya om RA. Asli aku yang pusing banget dengan definisi dari SEO itu sendiri. Om RA menyajikan konsep yang sederhana dan mengena.. itu untuk Teori.. bisa dipelajari The Book of SEO.

Ada lagi pengetahuan yang bersifat praktis dan teknikal.. aku belajar di Local Business Mastery-nya mas Abdillah.. selain kaya akan case study… juga pengalaman mas Abdillah di dunia SEO udah nggak perlu diragukan lagi.. karana beliau menyampaikan pernah menjual laptop 20pcs dalam sebulan hanya dari google.

SEO menjadi prioritas utama bagi Anda yang punya niche blog, personal blog, atau business blog. Selain trafiknya besar di google tuh.. juga efisienlah hehe.

 

  1. Fb Ads

Fb Ads aku pernah pake untuk mempromosikan konten ku.. dan fanspagenya bertuliskan nama domain ku.. misal fanspagenya itu dwiandikapratama.com dan isi iklannya bisa konten yang ada di blog itu sendiri atau relevan dengan konten kita..

Untuk apa? Membangun awareness terhadap blog kita.. selain begitu.. mereka kalau suka dengan konten kita.. akan merekomendasikanya kepada teman temannya.. apa lagi kalau bukan share! Beuh. Nikmat kalau dishare tuh.. hehe.. bisa mencapai goal kita.

 

  1. Content Marketing

Konten marketing bisa berbentuk artikel, podcast, video animasi yang bersifat edukasi.. aku nggak bisa kategorikan mana yang baik. Maka kalau dalam marketing pentingnya split test.. mana yang lebih banyak disukai.

Misal kalau buat artikel dan mau dibuat konten marketing.. menurut ku blog-nya PanduanIM.com mas Darmawan.. konten kontennya bermuatan marketing.. karena bener bener keren dan solutif.. kebanyakan dari kita kan kalau ini konten yang ‘gue banget’.. kepengen banget share kan? Nah gitu.

 

  1. Engagement

Termasuk nulis status dulu sebelum ngeshare blogpost.. ini salah satu cara meningkatkan trafik..dan siapa aja yang mau baca. Dari itu bisa lihat siapa pembaca kira sebenernya..

 

  1. Blog Walking

BW masih tetep powerful buat marketingkan blog kita.. selain trafik meningkat. Juga hubungan dengan para blogger lainnya saling terhubung. Dari situ kan bisa saling merekomendasikan. Iya kan?

 

  1. Email Marketing

Hampir blog yang ku kunjungi pasti menaruh optin. Entah dari autoresponder atau dari FEED RSS Google. Selain bisa membawa direct trafik.. bisa membawa trafik langsung untuk membaca konten terbaru kita di blog.. kan asik tuh. Sekali blast bisa pada langsung klik dan baca..

 

  1. Viral Marketing

Viral artinya menyebar.. dari konten yang memicu untuk dishare banyak orang.. dari itu orang jadi penasaran dengan konten yang kita buat.. dan trafik pun meningkat sales pun menanjak..

 

Itu yang aku bisa sharingkan.. bisa pilih salah satu lalu optimalkan.. atau dua sekaligus.. juga boleh…

btw.. kalau mau belajar FB Ads + SEO yang udah kebukti menghasilkan dan meningkatkan penjualan… Anda bisa dapatkan di Local Business Mastery karya nya mas Abdillah… nggak penting dari link mana aja.. yang penting kuponnya KADIKA50 untuk dapetin diskon 50%. Oke?

See you the next post!

Blogger sejak 2012. Juara 1 Acer x YouthManual Blog Competition dan Menjuarai 7 Kompetisi Blog lainnya. Penikmat Buku Psikologi dan Pengembangan Diri.