Nggak Mesti Dimulai dari NOL

Nggak Mesti Dimulai dari NOL

Mungkin sering denger tagline “dimulai dari NOL ya pak?”.. yes itu iklannya Pertamina.. mereka ingin memberikan makna kalau ngisi di Pertamina itu akurat dan takarannya PAS!

Tapi menurut ku nggak mesti dimulai dari NOL. Karena nggak semua juga harus dimulai dari NOL..

Siang ini (hari minggu) aku memaksakan diri untuk menulis blog post untuk personal blog yang udah lama nggak aku update..

Entah kenapa semenjak aku bekerja berkontribusi di JakCLoth kok rasanya mager banget mau nulis blog post tuh… ada sih nulis.. tapi kok mager-nya itu buat ngedit dan ngepostnya… hahaha..

Maklum aku masih blogger pemula… karena menurut ku.. yang blogger expert itu saat ia mampu konsisten update blog-nya… bukan mahir segala teknisnya… karena itu bisa dipelajari sambil berjalan..

Alasan menulis ini.. karena aku siang ini dihubungi seorang mom blogger. Yes. Dia ibu rumah rangga eh tangga maksudnya… yang nawarin aku ngeliput event.. apa daya aku nggak masuk kriteria agency yang mau pake blogger…

Saat aku ngerasa lagi mager banget.. dan aku berpikir sejenak.. kalau aku mager dan diam membisu (baca: nggak mikiran apa apa dan lakuin apa apa) kayaknya mager ini akan lama hilangnya…

Setelah aku putuskan nulis blog post.. lha mager ku ilang.. jadi benarlah kata motivator ternama dunia.. Tony Robbins “Emotion created by motion”… emosi tercipta dari gerakan… karena aku gerak(maksudnya buka laptop untuk nulis).. maka ada perubahan perasaan atau bahasa NLP-nya state

 

Bukan sibuk, bukan capek, bukan pula nggak punya waktu, tapiiii

Ya, karena nggak menyempatkan.. j

Jadi teringat waktu aku webinar bersama mentor ku.. yang awalnya blogger sekarang udah jadi Dosen UI.. beuh…

Bukan berarti dia sekarang bukan blogger.. cuman prioritasnya sehari hari mengajar di Universitas Indonesia.. ya mudah mudahan aku juga bisa jadi speaker bareng nih sama mentor ku.. aminkan aja dulu.. hahaha.

Alasan kita nggak nulis itu karena kita nggak menyempatkan untuk menulis blog post… padahal blogging itu bukan sprint melainkan marathon.. begitu kata Blogger Senior Yodhia Antariksa.

Aku belum dapetin komitmen sekomitmen mereka menjalani blogging… tapi mungkin aku bisa melampui mereka.. jikalau aku konsisten… aku menyadari… belum konsisten untuk hal sederhana.. ya contohnya blog post setiap hari…

 

Berhenti beralasan

Aku tau, kalau beralasan nggak akan banyak perubahan yang terjadi… tapi aku pun manusiawi.. terkadang aku beralasan untuk membenarkan kemageran ku… hahaha.. tapi aku terus berlatih untuk diam dan mulai bertindak..

 

Nggak Mesti Mulai dari NOL

Maksudnya tuh kalau udah lama nggak posting.. terus postingan sebelumnya jadi draft atau malah dihapus.. haha.. ini sikap yang pernah terjadi pada diriku 3 tahun yang lalu… ya, wajar juga.. aku belum semengerti sekarang…

Jadi kalau mau mulai nulis lagi.. nggak mesti dari NOL. Dari postingan sebelumnya juga bisa digabungkan.. atau dilanjutkan… dan sekarang aku belajar untuk nggak selalu mulai dari NOL..

Contohnya lagi aku… terkadang kehilangan semangat ketika bangun niche blog… karena nggak lama diurus.. ketemu niche yang mengugah hati.. gitu terus.. sampe nggak jadi jadi.. please.. ini kesalahan yang nggak boleh kamu ulangi.. coba coba sih boleh.. tapi jangan kelamaan.. cukup aku aja..

Bisa juga dalam bisnis, nggak mesti dari NOL. Kamu bisa ajak orang yang punya modal. Punya relasi. Punya keahlian.. dari situ bisa lahir usaha yang saling menguntungkan..

Atau baca buku, nggak mesti dari awal.. kadang aku sendiri membuka secara acak.. aku percaya.. kalau begitu.. melatih otak kita untuk berpikir secara holistik..

 

Pada kesimpulannya… kalau mager, tetap gerak. Kalau mager banget.. boleh berhenti sejenak. Tapi nggak boleh lama lama.. dan nggak mesti mulai dari NOL untuk memulai sesuatu.. contohnya bikin blogpost…

Jadi inget notifikasi yang dikasih tau facebook. Kalau ada kenangan setahun yang lalu.. ternyata aku nulis blogpost.. terus aku baca ulang.. di situ aku merasa kagum, kok bisa ya aku nulis tulisan seperti itu.. haha.. yang jelas bener bener mengingatkan…

Begitu juga tulisan ini.. kalau ada sesuatu yang kurang sesuai atau bahkan udah nggak sesuai dengan diri aku.. tolong kasih link blog ajah hahaha..

Tengyku.. see you the next post!

One Comment

  1. Tmkasih3 artikelx, Ms Kadika … Malah jd menginspirasi aq u buat perubahan+ krn mirip pola habitx jg, haa3 … GBU sukses …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.