Bekerja adalah Belajar yang Dibayar

Bekerja adalah Belajar yang Dibayar

Transisi dari masa sekolah ke masa kuliah cukup terasa. Apalagi masa kuliah ke masa kerja. Cukup beda tapi saya nggak kaget. Saya terbiasa menjalani sebagai freelance sejak awal masuk kuliah.

Saya senang belajar dengan hal non akademis. Pengembangan diri, teknikal skill lainnya. Saya merasa nggak unggul dan biasa aja kalau berprestasi di dunia akademis.

Sejak Madrasah Aliyah saya menekuni hal-hal yang tidak dipelajari di kelas. Saya enjoy. Saya banyak dapat pembelajaran.

Salah satunya saya belajar bagaimana merakit komputer hingga problem solving. Dari situlah saya bisa menghasilkan uang walau saya nggak pasang tarif, tapi guru-guru di sekolah cukup pengertian.

Kaka bilang “bro kenapa nggak diseriusin aja!”

Akhirnya Saya buatlah banner jasa service di rumah. Itu tahun 2014 saat saya kelas 12 dan mau ujian nasional.

Ya, itu setelah baca buku Studentpreneurnya mentor Saya, Arry Rahmawan. Saya pikir agar terbiasa saat kuliah di Bandung (walau realitanya nggak jadi 😂).

Sampai pada kondisi jenuh dan hati berkata “kayaknya kalau di sini (usaha ini) nggak akan berkembang” dan itu awal mula saya belajar internet marketing.

Sejak 2015 hingga saat ini yang saya pelajari seputar bisnis online, blogging, email marketing, affiliate marketing, menulis, dan masih banyak lagi.

Hingga saya kenal kompetisi Blog. Wah! Nggak nyangka pertama ikut langsung menang walau goal utama nggak tercapai tapi impian selama ini tercapai.

Ya, makan siang bareng Ippho Santosa. Walau bukan juara 1 atau 2 yang hadiahnya uang. Tapi bertemu Ippho Santosa adalah impian sejak di Madrasah Aliyah.

Terus saya sering mengikuti kopdar dan seminar. Ya, tujuannya bangun relasi. Dan belajar kepada banyak orang yang udah lebih sukses dari saya.

Bersyukur selama kuliah pernah direkrut 3 perusahaan.  (Next di lain waktu saya akan bercerita).

Ya, atas izin Allah, saya direkrut oleh perusahaan. Dampak dari belajar bagaimana menguasai keahlian, menjalin hubungan yang baik, dan mengelola pengetahuan.

Bagi saya saat ini bekerja adalah belajar yang dibayar. Kalau kuliah kan kita yang bayar ya? Hehe.

Saya banyak mendapat pembelajaran saat bekerja. Maka kalau saya belum banyak dapat pembelajaran saya akan bertanya “ini gue kerja gak sih, kok dikit banget pembelajaran gue”.

Duhai kawan, belajar itu bagian dari kehidupan. Jangan pernah berhenti di dunia formal saja. Setiap orang adalah guru, kita bisa banyak belajar dari seseorang tersebut.

Mungkin Saya akan share cerita bagaimana bekerja tanpa apply di LabKerja.com.

 

Boleh tau, sekarang lagi belajar apa? 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.