9 Peran Website dalam Bisnis Online

9 Peran Website dalam Bisnis Online

Fakta yang mengejutkan adalah pengguna internet di Indonesia terus bertambah data terakhir dari APJII kalau pengguna internet di Indonesia mencapai 171,17 juta jiwa.

sumber: inet.detik.com

WOW! Itu artinya 64,8% dari jumlah populasi penduduk Indonesia yang mencapai 264,16 juta jiwa. Dan yang menjadi pertanyaan bagaimana bisnis kita bisa menjaungkau ke sebanyak itu?

Jawabannya, adalah WEBSITE!

Terdengar nggak asing lagi, tapi berapa banyak UKM yang masih belum punya website dengan alasan mahal, ribet, dan takut dihack. Padahal kalau pakai Hosting Indonesia tepatnya provider Qwords.com akan dibantu untuk itu.

Apalagi nih Qwords sering banget mengadakan workshop gimana cara bikin website, gratis pula. Mantep banget kan? Ini bukan promosi sih, tapi info aja. Hehe.

Soalnya beberapa domain bisnisku, aku percayakan di Qwords.com ini. Aku Beli Domain co.id lebih percaya sama Qwords.com, soalnya praktis nggak ribet verifikasinya.

Baiklah kita bahas satu-persatu:

 

#1. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Ini udah pasti, ketika Anda memutuskan untuk membangun sebuah website dan mengoptimalkannya maka siap-siap market yang selama ini belum pernah menemukan bisnis Anda.

Ingat angka pengguna internet tadi. Makanya jangan dulu senang ketika pengunjung masih ratusan ke website bisnis online Anda. Karena masih ada ratusan juta yang belum terjamah.

Untuk gunakanlah minimal Hosting Indonesia yang kuat menampung banjirnya pengunjung. Anda boleh saja menjual produk di marketplace atau media sosial, tapi ingat itu hanyalah trafik source yang sewaktu-waktu bisa dibanned.

Dengan website jauh lebih terkendali. Ibarat rumah Andalah pemiliki rumahnya, kalau jualan di tempat lain itu namanya ngontrak, layaknya ngontrak di kios-kios pasar. Hehe.

 

#2. Efisiensi Biaya Promosi

Website membantu Anda memotong biaya operasional dan mengalihkannya ke biaya promosi. Ketika Anda tak terlalu butuh offline store dan hanya butuh gudang saja, maka website bisa menghemat biaya sewa.

Ini bisa Anda terapkan ketika masih awal-awal buka bisnis online, makanya penting Beli Domain di awal agar langsung mendapatkan alamat dot.com. Ingat dot.com itu cuman ada satu dan kebanyakan orang paling mudah mengingatnya.

Dengan hadirnya website memudahkan Anda untuk langsung mulai bisnis online tanpa pusing mikirin kantor atau ruko yang mesti Anda sewa. Mungkin kelak Anda membutuhkan tapi untuk di awal belum. Karena yang penting di awal adalah cash flow.

 

#3. Branding

Ini ada kaitannya dengan domain dot.com, makanya aku sarankan segera Beli Domain dot.com kalau ada ide bisnis online karena aku pernah membeli domain denurs.com di qwords.com lupa diperpanjang eh malah dibeli sama bule dan dijual $2000. Mantep banget nggak tuh? Hehe.

Cara memilih domain ada di blog qwords.com, pastikan sebelum beli domain dapat nama domain yang woke versi kamu. Tapi saran aku yang paling mudah diingat dan nggak double huruf, misal: kemejaanjay.com, nah ada double “a” kan? Nah itu kurang woke.

 

#4. Menunjang Kredibilitas

Sekarang ini marak penipuan dengan harga murah atau diskon gila-gilaan, ketika Anda memiliki website official dan banyak yang mereview positif, maka nilai kredibilitas bisnis online Anda di internet cukup terjaga. Kan gokil ketika calon pembeli Anda malah nyangkut di website orang lain.

 

#5. Meningkatkan Penjualan

Ini sudah pasti, ketika trafik meningkat dan ada penawaran yang sulit tertolak dari produk atau jasa Anda, maka penjualan akan meningkat.

Apalagi kalau Anda menjual dengan harga yang sama di pasaran tapi Anda memiliki value yang tinggi. Misal kemasan Anda lebih bagus, komunikasi via chatting Anda juga responsif (cepat tanggap).

Dan lebih mantap lagi ketika Anda membangun email database dimana yang udah beli difollowup lagi oleh sistem email autoresponder.

 

#6. Pusat Informasi (product knowledge)

Ini sama dengan konten, kalau orang berkunjung nggak ada yang dinikmati, apa yang mesti mereka beli dari Anda. Adanya website memudahkan orang lain untuk mendapatkan informasi lebih tentang produk atau jasa yang Anda jual.

Dengan demikian Anda mampu mengubah lebih persepsi pengunjung yang awalnya sekedar tau, jadi menyadari produk Anda itu dibutuhkan oleh mereka. Dan lama-lama akhirnya mereka membeli.

 

#7. Mudah Diakses

Pernah nggak sih ketika ingin membeli sesuatu yang pertama kita lakukan adalah mencarinya di google? Ya, itulah perilaku konsumen sekarang ini.

Bayangin ketika kita jualan tapi nggak ada akses yang bisa memenuhi calon pembeli, wah bisa jadi kita kehilangan calon pembeli hanya karena kita nggak punya website.

 

#8. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Pernah nggak sih Anda mau beli di website yang domainnya dot.tk, dot.ml, dan dot.ga, yang itu semua adalah domain gratisan yang siapapun bisa buat. Pentingnya beli domain dot.com untuk brand atau bisnis online Anda adalah meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Gojek aja nih rela membeli domain gojek.com tanpa “-“ yang sebelumnya go-jek.com, mungkin nggak banyak orang yang menyadari itu, segitu pentingnya sebuah nama domain dalam bisnis online.

 

#9. Sebagai SPG Online

Pernah nggak sih ditawari produk sama SPG (sales promotion girls) dimana cewek berpakaian seksi menawarkan produk (biasanya rokok atau parfum) yang awalnya nggak niat beli tapi jadi beli karena suka sama penjualnya. (walau saya sendiri belum pernah sih wkwk).

Nah SPG itu ibarat desain website, makanya jangan sekedar punya website aja tapi nggak cantik dan nggak seksi tampillannya. Karena ketika orang pertama kali datang bakalan impressed banget sama website Anda.

Awalnya cuman berkunjung eh malah browsing yang lain di website Anda. Ya, bisa dibilang jalan-jalan di website Anda.

 

So, inilah 9 peran website dalam bisnis online Anda. Jangan nunggu punya banyak duit baru bikin website, tapi justru modal terbatas bisa mulai bisnis online sekarang juga dengan Beli Domain dan Hosting Indonesia di qwords.com.[]

image source: Photo by Igor Miske on Unsplash

2 Comments

  1. Kalau kita punya website untuk sebuah usaha, usaha kita tentu akan lebih berkembang karena metode pemasarannya lebih luas. Keberadaan website akan membuat calon pelanggan lebih percaya dan lebih meyakinkannya dalam suatu jenis usaha

  2. sangat jelas informasinya terimakasih. bagi seorang yang berjualan online seperti saya sangat penting memiliki website maka dari itu peran website bagi saya sangat membantu dalam segala aspek penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.