Udemy Indonesia: Cara Belajar Praktis untuk Meningkatkan Skillmu

Udemy Indonesia: Cara Belajar Praktis untuk Meningkatkan Skillmu

Udemy akhirnya masuk ke Indonesia, sebuah kesenangan tersendiri kalau platform belajar yang selama ini aku gunakan bisa hadir di Indonesia. Salah satu perubahan yang mendasar adalah cara pembayaran dan penambahan subtitle di beberapa kursus popular.

Saya pertama kali enroll kursus di udemy.com itu tahun 2017, masih harus menggunakan visa, untungnya saat itu udah ada jenius yang memfasilitasi layanan pembayaran tersebut.

Kursus yang saya enroll itu berbahasa Inggris, subtitlenya belum Bahasa Indonesia, bagiku yang Bahasa Inggris-nya belum lancar, ya butuh effort sih. Hehe.

 

Kemajuan Teknologi Mengubah Perilaku, termasuk Belajar

Perubahan teknologi berawal dari keinginan manusia yang ingin serba praktis. Sekarang ini kita bisa mendapatkan makanan favorit tanpa harus keluar rumah, semakin ke sini layanan seperti itu terus ditingkatkan.

Udemy pun demikian, semakin banyak orang yang mengajarkan topik tertentu, lalu semakin banyak juga orang yang ingin belajar sesuatu namun terbatas budget dan waktu.

Udemy hadir untuk itu, menjadi kemudahan dalam belajar di era industri 4.0. Ya, aku menyebutnya Pembelajar 4.0.

 

ayo download Udemy Apps di Google Playstore

Kemudahan Belajar dimana saja dan kapan saja

Pembelajar di industri 4.0 ini dimudahkan dengan aplikasi udemy yang sudah tersedia di Google Play dan telah didownload oleh 5.000.000+ lebih di seluruh dunia.

Jadi bisa belajar dimana saja, bisa sambil menunggu KRL, atau menunggu pesawat, atau dimanapun dan kapanpun selama ada waktu luang kamu bisa manfaatkan untuk belajar lewat aplikasi Udemy.

 

Bisnis Model Udemy

Emang banyak juga yang similar seperti udemy ini di Indonesia, seperti IndonesiaX.co.id, atau platform lainnya seperti skillshare.com, coursera.com, dsb. Dan keduanya juga memiliki apps yang tersedia di google.

Bisnis Model Udemy ini beli putus alias sekali beli, bukan langganan seperti skillshare, dari segi kelebihan adalah bisa mengakses selamanya (kapan aja) dan harga terjangkau. Kalau skillshare ketika kita langganan bisa dapat banyak kursus, tapi biaya langganannya cukup lumayan perbulannya.

 

Kenapa Mesti Udemy?

Sebagai pelajar setia di udemy.com, saya ingin mereview udemy.com. Sebagai pelajar yang merasa terbantu dengan hadirnya udemy.com ini.

#1. Mobile First

Ini yang Saya suka, yakni udemy mengutamakan mobile experience, bahkan sampai blogpost ini ditulis udemy udah update terakhirnya 12 juli 2019. Itu artinya aplikasi udemy untuk mobile terus dikembangkan dan ditingkatkan.

 

#2. Terjangkau

Untuk mendapatkan materi di udemy kamu mesti mengeluarkan budget sekitar $10.99 atau sekitar 159rban. Dengan budget segitu kamu bisa dapetin kursus yang kamu butuhkan dan inginkan. Karena sekarang udah ada di Indonesia, jadi pembayaran bisa melalui bank lokal bahkan indomaret.

 

Apapun yang kamu butuhkan, ada di udemy!

#3. Kategori Materi Lengkap dari Berbagai Genre

Kamu ingin kursus apa? bisa didapatkan di udemy. Saking lengkapnya kita bingung milih yang mana, tinggal kita melihat komentar dan pre-view dari materi kursus tersebut.

 

#4. Materinya Komprehensif (ada kurikulumnya)

Ini yang membedakan antara online courses orang Indonesia dengan dari luar. Bukan membandingkan untuk lebih baik atau tidak, tapi kurikulum ini membuat pembelajaran kita lebih mudah dipahami dan berdampak pada pemahaman.

 

#5. Mendapatkan Sertifikat

Ada kursus yang berbayar dan gratis di udemy, kalau kamu selesai menyelesaikan kursus kamu mendapatkan sertifikat lho! Ya, walaupun gak begitu berdampak, tapi penghargaan kecil untuk diri sendiri yang udah menyelesaikan materi ya seneng aja.

 

#6. Pembayaran Mudah

Ternyata kalau akun lama seperti aku, tetap mesti pake visa atau paypal atau mastercard, kalau kamu bisa pembayaran bank lokal kamu bisa daftar akun baru. Karena aku sudah mencobanya. Udemy berkerjasama dengan doku sebagai alamat pembayaran untuk bank lokal.

 

#7. Akses Seumur Hidup (life time)

Ya, kapanpun kamu membukanya kursus ini berhak menjadi miliki kamu seumur hidup. Kapanpun kamu bisa mengulang materinya.

 

#8. Ada Subtitle Bahasa Indonesia

Bersyukurlah pembelajaran sekarang ada subtitle Indonesia-nya karena ini memudahkan dan mempercepat pemahaman kamu terhadap kursus tersebut.

 

#9. Jaminan Uang Kembali Kalau Nggak Puas

Kalau kamu ngerasa kursus itu nggak berkualitas, kamu bisa minta refund, jadi nggak perlu ngeluh atau ngasih komentar yang sarkas, daripada merugikan orang lain mending minta refund aja.

Jadi gimana? Kursus apa yang akan kamu pilih untuk meningkatkan skillmu?

 

sampul gambar: Photo by Wes Hicks on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.