Tips dan Cara Menghasilkan Uang dari Afiliasi

T

Semakin maraknya penggunaan internet membuat lebih banyak jalan terbuka untuk menghasilkan uang. Salah satunya ialah lewat jalan afiliasi. Cara menghasilkan uang dari afiliasi saat ini banyak dicari karena kemudahan dan prospek penghasilannya yang cukup menjanjikan.

Di luar sana juga sudah banyak contoh affiliator yang telah mendapatkan banyak uang dari usaha ini. Nah, buat kamu yang ingin mulai untuk mencari uang dari afiliasi, berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui.

 

Apa itu Affiliate Marketing?

Sebelum terjun lebih jauh ke metode menghasilkan uang dari afiliasi, mari kita belajar bersama tentang apa itu affiliate marketing. Karena sangat penting untuk mengetahui dasar dari apa yang akan kamu lakukan pada aktivitas ini.

Affiliate marketing sendiri adalah proses pemasaran yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk mendapatkan komisi dengan cara menjualkan barang atau jasa milik orang lain. Bentuk produk yang dijual pun bisa bermacam-macam dan tidak terbatas baik fisik maupun digital.

Namun dengan maraknya penggunaan internet saat ini, program affiliate produk digital pun juga tak kalah ramai dengan produk fisik. Salah satunya yakni afiliasi layanan hosting murah yang banyak ditawarkan oleh provider web hosting Indonesia dengan komisi menarik.

Affiliate marketing ini merupakan program yang menguntungkan dua belah pihak baik pihak affiliate maupun pemilik usaha. Kamu sebagai affiliate akan mendapatkan komisi, sedangkan pemilik usaha akan terbantu terjualkan produknya serta mendapatkan exposure.

 

4 Macam Affiliate Marketing di Indonesia

Di lingkungan digital Indonesia sendiri affiliate marketing sudah berkembang sangat pesat. Tidak heran kalau banyak orang yang sudah mengetahui cara menghasilkan uang dari afiliasi dan sukses karenanya.

Jadi kamu tidak akan kesusahan untuk mempelajari ini karena komunitasnya sudah besar. Beberapa macam pemasaran afiliasi di Indonesia yang cukup ramai antara lain :

1. E-Commerce Affiliate

Salah satu yang paling banyak digunakan oleh para affiliator adalah e-commerce affiliate. Berbagai e-commerce terkenal saat ini sudah punya program affiliate mereka sendiri seperti Shopee dan Tokopedia.

Semua orang pun bisa menjadi affiliator dengan mudah di e-commerce ini. Kamu bisa membantu menjualkan produk-produk di sana untuk mendapatkan komisi yang cukup tinggi.

2. Game Affiliate

Pernahkah kamu mendengar tentang mereka yang memasukkan kode referal ketika mendaftar sebuah game? Ya, ini adalah salah satu bentuk affiliate marketing.

Tapi berbeda dari e-commerce, cara menghasilkan uang dari afiliasi digital yang satu ini biasanya tidak memberimu penghasilan berupa uang. Tapi berupa money in game yang bisa digunakan untuk bertransaksi item-item premium di dalam game tersebut.

3. Bootcamp Affiliate

Adanya pandemi membuat program bootcamp dan kelas online semakin banyak. Tak jarang beberapa dari mereka menggunakan teknik pemasaran affiliate. Jika kamu banyak beraktivitas di program ini kamu bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk mencari keuntungan.

4. Program Afiliasi Lain

Selain program-program afiliasi di atas, masih ada program afiliasi lain yang ada di Indonesia. Umumnya ini dilakukan secara pribadi oleh pengusaha atau toko online yang tidak menggunakan e-commerce. Biasanya program ini bisa dengan mudah ditemukan di sosial media. Salah satunya yaitu afiliasi web hosting.

 

2 Cara Menghasilkan Uang dari Afiliasi

1. Mempromosikan Kode Afiliasi

Beberapa platform affiliate umumnya menggunakan kode yang bisa kamu miliki secara pribadi untuk memasarkan produk sebagai affiliate. Cara ini sangat mudah karena kamu hanya perlu memberikan kode kepada orang lain agar digunakan dan terekam sebagai transaksi.

2. Menggunakan Link Affiliate

Link affiliate adalah cara yang digunakan oleh e-commerce atau mungkin platform lain untuk memasarkan produk afiliasinya. Cara ini semakin mudah lagi karena kamu hanya perlu meletakkan link di tempat yang kemungkinan banyak dilihat oleh orang lain.

Cara menghasilkan uang dari afiliasi ini yakni ketika ada orang yang melakukan klik pada link milikmu, lalu dia melakukan transaksi berhasil dari link tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai harga produk.

 

2 Tips Menghasilkan Uang dari Afiliasi

1.Menumbuhkan Kepercayaan Audiens

Untuk menarik orang lain agar mau bertransaksi melalui link yang kamu bagikan, maka menumbuhkan kepercayaan mereka terhadap produk tersebut sangatlah penting. Kamu bisa mulai dengan membagikan testimoni orang lain atau bahkan testimoni sendiri.

2.Membangun Banyak Audiens

Cara ini biasanya bisa dilakukan dengan membuat konten. Menjadi content creator adalah langkah paling mudah untuk mendapatkan banyak follower sehingga kemungkinan link milikmu diklik nantinya akan semakin besar.

Tapi tentu saja membangun banyak audiens bukanlah hal mudah. Kamu butuh proses yang panjang dan ekstra keras untuk memproduksi konten secara konsisten.

Cara menghasilkan uang dari afiliasi cukup mudah dari segi teori. Namun kamu tetap perlu berproses dan berusaha keras untuk menemukan pembeli yang loyal dan terus mengembangkan calon pembeli lainnya. Selamat mencoba!

Image by Austin Disel on unplash.com

About the author

Dwi Andika Pratama

Professional Impactful Writer. Mentor at CertifiedImpactfulWriter.com

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pencipta Blog Ini

Dwi Andika Pratama¬†sapaan akrabnya Kadika. blogger sejak 2012. Menjuarai lebih dari 10x Kompetisi Blog. Penikmat Buku Pengembangan Diri dan Marketing. selengkapnya…

Paling Dicari

Hosting Terbaik

hosting terbaik

Kategori

HOSTING UNLIMITED MURAH

Hosting Unlimited Indonesia

Ikut Lomba Blog Yuk?!

Part of BloggerHub.id