5 Hal yang mesti disiapkan sebelum Resign

Di era digital saat ini orang berlomba lomba untuk memulai bisnis online. Ini menjadi kabar buruk dan juga kabar baik. Kabar buruknya akan lebih banyak kompetitor di bisnis online. Kabar baiknya kegiatan ini bisa dilakukan saat Anda masih bekerja.

Bisnis online yang tak memerlukan kantor. Hanya memerlukan waktu luang, koneksi internet, laptop, dan secangkir kopi. Saat Anda memutuskan untuk berbisnis online maka Anda mengambil risiko.

Yakni mengurangi waktu luang Anda untuk beristirahat atau me time dengan diri sendiri atau dengan keluarga.

Perlu Anda ketahui sebelum benar benar ingin resign dari pekerjaan Anda. Agar bisnis yang Anda jalani di luar pekerjaan ini bisa menghasilkan dampak yang luar biasa dalam hidup Anda.

Mari simak.

 

#1. Finansial

Secara finansial Anda mestinya cukup dulu. Entah untuk persediaan selama 1 bulan, 3 bulan, bahkan 1 tahun. Agar Anda gagal mencoba di bisnis online ini. Anda tak kehilangan harga diri Anda hanya karena meminjam uang untuk membeli sesuap nasi.

Jadi, pastikan kondisi finansial Anda berkecukupan untuk diri sendiri mau pun untuk keluarga (bila Anda sudah berkeluarga).

 

#2. Keahlian

Bisa usaha Anda adalah jasa. Maka yang perlu Anda perhatikan sebelum resign adalah keahlian Anda. Karena keahlian ini memiliki nilai yang siap ditukar kapan saja dengan nilai rupiah. Pelajari sedikit demi sedikit. Kerjakan project kecil kecilan terlebih dahulu. Setelah terbiasa. Anda boleh ambil keputusan untuk resign.

 

#3. Relasi

Relasi tak kalah pentingnya dalam persiapan resign. Selain relasi adalah jalan rezeki. Juga cara kita meningkatkan keahlian lho. Karena dari situ kita bisa belajar kepada orang yang lebih dulu sukses.

Berhenti berpikir kalau semuanya ada sejak lahir. Itu bohong. Semua Anda bisa pelajari. Mulai dari belajar kepada orang yang sudah ahli dan sukses.

 

#4. Reputasi

Tak kalah pentingnya memiliki reputasi baik di dunia online maupun offline. Saat Anda memutuskan resign dari dunia kerja. Anda mesti dipercaya dulu.

Karena sekarang ini orang akan lebih LIHAT siapa orangnya. Kalau kurang direkomendasikan. Maka bisa jadi customer baru akan enggan menggunakan jasa Anda atau membeli produk Anda.

 

#5. Pelanggan

Pelanggan atau pembeli tetap mesti Anda miliiki sebelum Anda resign. Karena pelanggan ini yang akan jadi sumber cashflow bisnis Anda. Karena cashflow adalah darahnya bisnis. Tanpa itu bisa mati.

 

Kesimpulan.

Disiapkan jauh lebih baik. Mulai dari finansial, kehalian, relasi, reputasi, dan pelanggan. Agar Anda resign dengan lega dan tenang.

 

Jadi lakukan 5 hal ini sebelulm resign. Karena resign pun butuh perencanaan agar Anda mampu mendayagunakan segala kemampuan dan potensi yang Anda miliki.[]

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.