Bagaimana Cara Konsisten Bikin Konten Selama 365 Hari?

Mungkin saat ini kamu mengeluh “kok gue gak konsisten sih?”, itu pun yang pernah saya alami.

Tapi ketika udah tau formulanya, hasilnya adalah konten tulisan di impactfulwriting.com dan konten di instagram.com. Pssttt, di akhir saya tunjukkan betapa manisnya buah dari konsisten ngonten. 😀

Mungkin kamu juga tak pernah membayangkan bagaimana rasanya bisa konsisten dengan apa yang kamu kerjakan.

Setahun yang lalu (tepatnya bulan oktober 2019), saya membangun impactfulwriting.com, tujuannya sederhana sekali, bantuin perusahaan dapetin content writer yang kompeten.

Karena walau di luar sana banyak yang menyatakan diri sebagai content writer, dari sisi perusahaan belum dapetin yang “klop”. Muncullah Certified Impactful Writer.

Sepintas cerita tentang hadirnya impactfulwriting.com, Nah, sesuai janji dari judul ini, kamu akan dapetin gimana cara agar konsisten bikin konten.

Yuk langsung aja.

 

1. Apa Alasan Terkuatmu?

Kenapa kamu mesti konsisten bikin konten? Alasan di baliknya jauh lebih penting daripada konten yang kamu buat. Kalau sekadar ingin bermanfaat, semua orang pun ingin demikian.

Temukan alasan yang paling kuat, minimal bertanyalah “kenapa?” sebanyak 3x, karena dari jawaban yang muncul itulah alasan yang paling kuat.

Mari kita bedah:

Kenapa harus konsisten bikin konten? -> agar kontennya banyak.

Kenapa harus banyak kontennya? -> agar banyak yang ngiklan (walau cara menghasilkan nggak hanya dari iklan).

Kenapa harus banyak yang ngiklan? -> agar dapat penghasilan.

Kenapa harus dapat penghasilan? -> karena kepengen menikmati bekerja dari mana aja.

Nah, kebayang ya, kamu akan bertanya seperti apa aja?

 

2. Ubah Identitas

Sebelum kamu mengubah kebiasaan nggak konsisten, kamu mesti mengubah bagaimana kamu memandang diri kamu.

Kalau kamu masih berpikir dan beranggapan kamu nggak bisa konsisten, itu benar adanya. Buktinya kita konsisten dengan tidur, bangun pagi.

Fokuslah ke hal-hal yang saat ini kamu udah konsistenkan, entah apa itu, namun yang jelas, pikiran kita akan membuka file dan menemukan hal yang serupa.

Ubahlah identitasmu, ubahlah bagaimana kamu memandang dirimu sendiri. woke?

 

3. Temukan Tempat Terbaik

Salah satu saran terbaik dari Penulis Keep Going, Austin Kleon, adalah berkaryalah di tempat terbaik. Entah di kamar, di teras, atau di mana pun yang membuatmu nyaman.

Tempat terbaik memberikan dorongan lebih kuat untuk konsisten membuat konten atau menulis.

 

4. Temukan Waktu Terbaik

Selanjutnya, masih dari saran Austin Kleon, kalau kamu nggak punya tempat terbaik, tempat yang berisik dan cukup mengganggu. Kamu bisa bikin konten atau menulis di waktu terbaik.

Bisa pagi hari, siang hari, atau malam hari. Masing-masing orang punya waktu terbaiknya sendiri. cara menemukannya?

Kamu merasa enjoy dan nggak terganggu oleh apapun, kamu larut saat bikin konten. Pokoknya menyenangkan aja.

 

5. Menjadikannya Terlihat

Agar kebiasaan bikin konten semakin konsisten, maka buatlah menjadi terlihat. Buatlah laptop untuk menjadi pemicumu untuk “wah, belum bikin konten nih”. Atau apapun yang memicu kamu bikin konten, jadikanlah terlihat.

 

6. Menjadikannya Menarik

Buatlah menarik, entah kamu membayangkan konten yang akan kamu buat banyak yang merespon positif atau konten yang memenuhi harapan (sales/engagement).

Buatlah semenarik mungkin dalam benakmu. Kalau memang ada tempat terbaik, ya buatlah tempatnya menjadi menarik dan menyenangkan.

 

7. Menjadikannya Mudah

Gunakanlah tools desain konten yang lebih mudah.

Apa aja aplikasi untuk membuat konten instagram? Bisa menggunakan powerpoint atau canva. Kalau di Instagram @impactfulwriting semua menggunakan powerpoint.

Atau kalau memungkinkan gunakan laptop yang udah SSD. Terus terang, ketika masih pake HD optik, performanya nggak kencang. Maka saya menggantinya menjadi SSD, agar membuka aplikasi sangat cepat. 😀

 

8. Menjadikannya Memuaskan

Dapatkanlah imbalan dari apa yang kamu lakukan. Yakni rasa memuaskan. Entah menyelesaikan konten itu sendiri atau dapetin komentar positif dari followers. Jadikanlah itu bahan bakar kamu untuk konsisten setiap hari bikin konten.

 

9. Habit Hacks ala James Clear

Kalau kamu ingin cepat membangun kebiasaan alias konsisten bikin konten. Kenali pemicunya agar mudah memicu kamu membuat konten.

Misal, saya pribadi setelah sarapan langsung membuat konten. James Clear mengatakan “cara mudah menginstall kebiasaan adalah menggabungkan waktu dan tempat secara bersamaan”.

Jadi, saya sarapan setiap pukul 06:30. Setelah itu 07:00 baru bikin konten dan bikinnya di kamar. Wah, rasanya memuaskan bisa konsisten bikin konten.

 

10. Content Creator adalah Profesi Masa Depan Keharusan!

Mungkin dulu menjadi Content Creator itu impian di masa depan. Nyatanya sekarang menjadi content creator adalah keharusan.

Kenapa begitu? Karena sekarang apa-apa membutuhkan konten, mulai dari membangun perusahaan, aktivitas marketing, dan bahkan inti digital adalah konten.

Kamu bisa rasakan sendiri dunia digital semakin pesat, kalau kita nggak ikut andil di dalamnya, tertinggallah kita.

 

11. 53 Juta dari Instagram adalah Buah Manis dari Konsistensi

Kalau kamu ingin menghasilkan dari instagram, ciptakanlah sebabnya, akibatnya akan mengikuti. Uang adalah akibat dari sebab yang kamu lakukan.

Saya membongkar bagaimana meraih 53 juta dari instagram dalam 4 bulan, tepatnya dari instagram yang saya bangun di @impactfulwriting. Saya bakal buka-bukaan gimana prinsip dan caranya.

Bukankah menyenangkan bisa menghasilkan dari rumah? Selengkapnya Cara Menghasilkan Uang dari Instagram.

 

Referensi: Buku Start with Why, Atomic Habits, Terapi Berpikir Positif, Keep Going.

About the author

Dwi Andika Pratama

Impactful Writer Expert. Love Writing and Marketing. Book Addict.

2 comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Menarik sekali Kadika tulisannya. Untuk poin no 2 itu ngena sekali buat saya yang belum2 udah melabel diri sendiri akan kesulitan konsisten ngonten. Ditambah kecenderungan perfeksionisme yang membuat proses ngonten jadi makin ruwet.

    Nice sharing, will try it.

By Dwi Andika Pratama

Pencipta Blog Ini

Dwi Andika Pratama sapaan akrabnya Kadika. blogger sejak 2012. Menjuarai lebih dari 10x Kompetisi Blog. Penikmat Buku Pengembangan Diri dan Marketing. selengkapnya…

Paling Dicari

Hosting Terbaik

hosting terbaik

Kategori

HOSTING UNLIMITED MURAH

Hosting Unlimited Indonesia

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 19 other subscribers

Ikut Lomba Blog Yuk?!