Dwi Andika Pratama Professional Impactful Writer. Blogger since 2012. Book Addict.

Inilah 7 Alasan Belajar Pengembangan Diri Nggak Bikin Kamu Pinter

1 min read

“ngapain sih gue mesti belajar dan baca buku tentang pengembangan diri? Toh isinya gitu-gitu aja?”

Mungkin kamu pernah mendengar kalimat di atas atau pernah bergumam dalam hati? Sekarang kamu boleh jawab pertanyaan ini.

“apa yang kamu inginkan?”

“apakah kamu cukup sabar menghadapi tantangan dan cobaan?”

“apakah kamu mudah mengubah kebiasaan buruk?”

Kalau jawabannya, “nggak tau”, “nggak bisa”. Itu artinya kamu butuh pengetahuan pengembangan diri. Ya, tepat sekali kamu membaca tulisan ini.

Pengembangan diri itu bukan bikin kamu pinter, tapi bikin kamu bisa mengendalikan hidupmu. Ada 7 hal yang bisa kamu dapatkan ketika mempelajari ilmu pengembangan diri.

1. Bikin Percaya Diri

Akar dari masalah awalnya dari ketidakpercayaan diri. Pengembangan diri membantu diri kamu lebih menerima kondisi kamu agar menjadi pribadi yang percaya diri.

Apapun latar belakang kamu, kamu berhak merasakan kepercayaan diri yang tak pernah kamu rasakan sebelumnya. Salah satu caranya adalah menerima diri kamu sepenuhnya dan seutuhnya.

2. Bikin Mudah Mengendalikan Emosi

Kamu cukup emosional?

Mudah marah dengan hal kecil. Ketika kamu mengetahui dan menyadari kalau sebenarnya kamu marah itu ada aturan yang kamu buat.

“jika …, maka …”.

Misal: jika dia datang terlambat, maka saya marah. Semakin kamu menyadari ilmu pengembangan diri itu penting. Semakin kamu greget untuk mempelajarinya.

3. Bikin Kamu Semakin Sadar terhadap Impian

“apa yang saya inginkan?”

Kamu akan menjawab apa? Kalau terlalu lama menjawabnya. Bisa jadi kamu nggak tau tujuan hidup kamu apa, impian terbesar kamu apa.

Itulah kenapa terkadang kita suka gabut nggak karuan, karena nggak ada tujuan.

4. Bikin Kamu Semakin Mencintai Diri

Salah satu pembunuh diri kita secara diam-diam adalah self-talk. Bayangkan ketika kamu melihat ada yang lebih dari kamu dan berkata dalam hati “yah, gue siapa atuh, cuman karyawan biasa”. “ah, gue mah siapa atuh”.

Saat kamu membandingkan rasanya nggak nyaman dan down yang dirasakan. Iya? Itu artinya kamu mesti tau ilmu bagaimana mencinta diri sendiri.

5. Bikin Mudah untuk Mempelajari Keahlian

Tau aja nggak cukup, kamu mesti bisa. Di dunia sekarang ada keahlian yang mesti kamu kejar. Misalnya paling terlihat adalah content writing alias menulis konten.

Kenapa begitu? Semakin pesan dunia digital, semakin besar kebutuhan akan konten tulisan. Bisa kamu bayangkan kalau kamu terlibat di dalamnya.

6. Bikin Mudah Mengendalikan Kebiasaan

Kata Aristoteles “awalnya kita membentuk kebiasaan. Lalu kebiasaanlah yang membentuk kita”.

Iya, kalau kamu mudah menyadari apa yang menjadi kebiasaan dan ingin mengubahnya. Kamu bisa pelajari dalam ilmu pengembangan diri.

7. Bikin Mudah Menjalin Hubungan

Satu hal yang paling penting dalam menjalin hubungan dengan siapa pun adalah bagaimana cara kamu menyampaikan pesan (berkomunikasi).

Kalau saat ini kamu kesulitan. Ilmu pengembangan diri akan membantu itu.

Bagaimana? Apa kamu merasa membutuhkan dari 7 hal ini? Tenang.

Kami akan terus mengupdate seputar pengembangan diri, inspirasi, membentuk kebiasaan, mengendalikan emosi, dan meraih impian.

Kalau kamu lebih suka dan akan membaca banyak tentang apa? Boleh komen dong.

Dwi Andika Pratama Professional Impactful Writer. Blogger since 2012. Book Addict.

2 Replies to “Inilah 7 Alasan Belajar Pengembangan Diri Nggak Bikin Kamu…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.