7 #AksiSehatCeria Untukmu yang Bekerja di depan Laptop terus

7 #AksiSehatCeria Untukmu yang Bekerja di depan Laptop terus

Era sudah berubah, semua serba cepat. Membuat kita dipaksa untuk berpikir dan bertindak cepat. Tubuh kita pun menyesuaikan ritme yang terjadi. Mulai bangun lebih pagi (supaya di KRL lebih longgar kalau pagi hari), lalu tidur lebih awal agar mendapatkan stamina yang cukup.

Namun realitanya kita tidak langsung tidur saat seharian sudah lelah bekerja. Padahal kurang tidur bisa mengurangi stamina loh. Efeknya Anda kurang fokus dan murah terpancing emosi.

Salah satunya kita tidak bisa terlepas dari gadget. Itulah yang membuat kita sulit untuk tidur lebih awal. Perlu upaya yang lebih besar agar bisa tidur lebih cepat.

Apa itu semua sudah tidak asing lagi di telinga Anda? Ya, itulah kebiasaan yang terjadi di masa sekarang. Ada 7 tips agar sehat walau bekerja di depan laptop terus.

 

minum air putih yang banyak
source rawpixel via unsplash.com

#1. Banyak Minum Air Putih

Anda lebih suka minum apa? kopi atau air putih? Kalau Anda terlalu sering minum kopi ketimbang minum air putih. Anda perlu mengetahui segudang manfaat minum air putih. Dengan begitu Anda lebih tertarik minum lebih banyak air putih.

Faktanya kita walaupun duduk terus ternyata memerlukan cairan lebih besar sama seperti hal pada umumnya.

Saya sendiri selalu memperbanyak minum air putih. Saat buang air kecil urinenya agak kekuningan berarti saya agak dehidrasi. Dan saya langsung segera meminum air putih.

Dari penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) yang dipimping oleh Prof Dr Ir Hardinsyah MS memaparkan kalau 46,1% dari 1200 Orang mengalami dehidrasi.

 

jogging biar sehat dan banyak gerak
source: curtis macnewton via unsplash.com

#2. Olahraga yang Cukup

Saya mahasiswa dan berprofesi sebagai blogger. Tidak bisa aktivitas di depan laptop berjam-jam. Entah mengerjakan tugas atau jobs yang harus segera diselesaikan.

Karena porsi waktu(dalam seminggu) saya sebagian di rumah. Terkadang sorenya saya gunakan untuk jogging atau sekedar jalan sehat.

doc. pribadi.

Banyak yang berkomentar ketika saya menulis status saat hendak jogging “nah gitu dong jogging biar kurus”. Padahal jogging bukanlah untuk kurus. Melainkan agar tubuh kita banyak gerak. Bahkan menurut temuan terbaru banyak gerak menghindarkan kita dari kanker.

Terus, yang paling penting adalah suplai oksigen ke otak lebih banyak dari biasanya. Tubuh kita ini sangatlah cerdas. Layaknya komputer ketika ada masalah pasti ada bunyi “beep”. Begitu juga tubuh.

Saya agak peka dengan tubuh. Ketika badan kurang enak bukan minum jamu atau apapun. Tapi saya langsung jogging, Karena saya hitung lebih dari 2 minggu tidak jogging. Selesai jogging tubuh saya segar kembali.

 

source: janet orzechowski via unsplash.com

#3. Olah Pernafasan

Tak banyak yang tau kalau olah pernafasan juga penting. Salah satunya untuk menjaga energy kita tetap bugar.

Dr. Worer peraih Nobel di bidang Ilmu Fungsi Sel dalam buku Dreams Revolution karya Dr. Ibrahim Elfiky mengatakan “Oksigen sangatlah penting guna pembentukan sel secara baik dan sehat. Kualitas hidup yang Anda jalani bergantung pada kualitas sel yang ada dalam diri Anda”.

Lanjut lagi kata Dr. Ibrahim, kebanyakan dari kita hanya menggunakan kurang dari 1/3 kemampuan paru-paru. Penting sekali untuk menggunakan pernafasan perut agar menghirup oksigen lebih banyak dari biasanya.

Saat kita menarik nafas panjang-panjang dan menahannya beberapa detik lalu menghembuskannya secara perlahan(baca: pernafasan perut). Justru itu membantu mengurangi tegangan syaraf yang terjadi pada tubuh kita.

Saya sendiri setiap pagi melakukan pernafasan perut agar bisa merasakan ketenangan di pagi hari. Anda bisa rasakan sendiri manfaatnya.

 

hindari begadang karena itu gak baik
source: kasper rasmussen via unsplash.com

#4. Hindari Begadang

Seperti yang disinggung di awal kalau problem manusia zaman sekarang tidak mudah untuk tidur lebih awal. Termasuk saya pribadi. Tapi saya berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan itu.

Karena tubuh kita ibarat gadget yang butuh energi dan itu bisa kita dapatkan saat kita tidur. “Tidak ada yang bisa mengobati kurang tidur. Bahkan minuman berkafein sekuat apa pun tidak bisa membantu,” begitu kata Debi Silber, MS, RD, penulis buku A Pocket Full of Mojo: 365 Proven Strategies To Create Your Ultimate Body, Mind, Image and Lifestyle.

Baca lebih banyak artikel seputar kesehatan dan gaya hidup sehat di DokterSehat.

Saya terbiasa untuk mematikan gadget bila dirasa sudah menunjukkan pukul 23:00 lewat. Padahal idealnya itu jam 10 sudah tidur, itu bagi Saya. Karena tidur 6 jam bagi saya sudah cukup.

Lagi lagi sebelum tidur saya melakukan pernafasan perut agar rileks (baca: olah pernafasan). Oh ya, ini juga salah satu cara agar kita cepat ngantuk loh. Tidak percaya? Boleh coba!

 

prudence earl via unsplash.com

#5. Hindari Junkfood

Selapar apapun Anda kalau makan junkfood pasti bakal lapar lagi. Karena junkfood itu hanya numpang lewat saja(baca: lapar lagi). Tubuh Anda butuh asupan gizi untuk kebutuhan stamina.

Makan jam 12 siang, pasti jam 2-an perut sudah keroncongan lagi. Hehe. Maka cari makanan yang bukan junkfood agar tubuh tetap sehat. Ada manfaat donor darah bila tubuh Anda ingin lebih sehat. Pastinya tidak makan junkfood. Hehe.

 

magalie de preux via unsplash.com

#6. Asupan Vitamin yang Cukup

Saya terbiasa untuk minum 1 botol yang isinya vitamin C. Ya, kalau disebutin jumlah vitaminnya nanti tau deh mereknya. Hehe. Yang jelas setelah minum vitamin C, diiringi dengan banyak minum air putih.

 

source: blaise vonlanthen via unsplash.com

#7. Jangan Lupa Tertawa

Tertawa adalah hal yang tidak kalah penting. Terkadang terlalu lama di depan laptop membuat kita tegang. Ada kalanya Anda perlu mencari hiburan.

Tertawa sendiri bisa menciptakan hormon endorphine, yang membuat Anda feel good dan terhindar dari stres. Dalam Terapi Berpikir Positif Dr. Ibrahim Elfiky menyatakan penelitian yang dilalukan mahasiswa kedokteran San Francisco 80% penyakit berawal dari psikis lalu ke fisik(tubuh).

Saya sendiri punya teman di coworking space yang bisa diajak untuk bercanda. Jadi ketika tegang. Sesekali bolehlah bercanda.

Kalau perlu baca baca artikel DokterSehat supaya mendapatkan tips lebih banyak agar kesehatan mu semakin prima.

Apa yang aku sampaikan ini sudah ku lakukan. Sederhana kan? Bagaimana denganmu? ^_^

blogpost ini diikutsertakan di #LombaBlogDokterSehat

2 Comments

  1. Bagian olahraga nih yang agak berat untuk konsisten *upsss

    Hmm belum sempet nulis udah deadline, batal ikutan deh wkwkwk…

    Semoga jadi juara lagi ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.