Kelebihan dan Kekurangan Blogger.com, WordPress self-hosted, WordPress.com. Mana yang lebih baik?

Pusing milih platform blog terbaik di tahun 2018 ini? Itu wajar banget. Selain kamu mesti menambah pengetahuan akan platform blog juga kamu mesti nyobain dari plarform blog terbaik!

Karena walau bagaimana pun antara tau dan bisa itu beda banget. Dari situ kamu akan mendapatkan feel ngeblog yang sesuai dengan diri kamu.

KadiKa.net mengambil tiga platform terbaik. Selain ini banyak digunakan oleh para blogger pemula. Juga platform ini paling sering dipakai oleh para professional blogger saat mereka menjadi newbie. Hehe.

Lebih baiknya yang mana itu tergantung kamu yang menggunakan. Kalau terbaik menurut kadika.net. belum tentu terbaik untuk kamu.

Yuk simak apa aja kekurangan dan kelebihan blogger.com (blogspot.com), wordpress.org (self-hosted), dan wordpress.com (.wordpress.com)

 

Kelebihan Blogger.com

#1. Mudah Digunakan

Blogger.com atau kebanyakan orang mengenalnya blogspot. Karena kelebihannya yang mudah banget digunakan.

Tampilan dashboardnya itu sederhana dan gak bikin blogger pemula pusing. Langsung cari entri -> nulis -> posting. Semudah itu!

#2. Gratis

Layanan blogspot ini gratis. Hanya login menggunakan gmail.com. kamu tinggal buat blog. Bikin nama url-nya.

Misal kadikakeren.blogspot.com, bila tersedia blog bisa langsung dibuat. Bila gak tersedia. Cari dengan url seunik mungkin.

#3. Hemat Biaya

Karena blogger.com itu bisa custom domain (.com, .net. org, .id, dst) maka bisa menghemat pengeluaran untuk itu.

Karena kita bisa dapetin harga yang terjangkau. Berbeda kalau kita beli langsung di blogger.com itu sendiri (walau fitur ini baru baru ini aja).

#4. Efisiensi Promosi

Bicara promosi pastinya bicara biaya. Supaya efisiensikan, blogspot ini bisa ngebantu media promosi. Promosi yang dilakukan bisa berbentuk ads banner, link affiliate, dan review produk.

#5. Bebas Hosting

Karena blogger.com itu miliki google. Maka server sepenuhnya ditanggung oleh google.com. tak perlulah mengeluarkan uang lagi untuk menyewa hosting.

#6. Anti Down

Kenapa bisa begitu? Selain blogger.com menggunakan server google, juga html based. Yang kapasitasnya sangatlah kecil. Berbeda dengan WordPress self-hosted.

#7. Lebih Aman

Faktanya untuk masuk ke blogger.com adalah menggunakan email gmail kita. Sedangkan sekarang security untuk email gmail kita sangatlah sulit untuk dibobol. Kecuali kita sendiri yang memberikan password kepada orang lain.

 

Kekurangan Blogger.com

#1. Tampilan Gak Dinamis

Tampilannya gitu gitu aja. Gak bisa kita apa-apa-in. berbeda dengan wordpress self-hosted yang bebas membuat tampilan seperti apapun. Tanpa mengubah tampilan awal. Kalau blogger.com gak bisa.

#2. Kalau mau keren banget templatenya mesti bisa HTML atau beli di situs jual themes

Kalau mau responsive, SEO Frienddy, mobile friendly, maka dari itu kamu mesti menguasai HTML dan CSS. Tanpa itu gak bisa.

Tapi jangan khawatir karena sekarang udah baca designer template blogspot. Bugdetnya sekitar 50rb – 70rb.

#3. Permalinknya gak bisa dicustom

Permalink itu kepanjangan pemanen link. Kekurangan blogspot itu kurang bagusnya di permantlink. Kalau setiap posting pasti ada tahun dan tanggal. Dan gak bisa ngikutin sepanjang judul. Hanya 5 s.d. 6 kata aja satu blog post.

#4. Mesti ngerti HTML dan CSS dasar

Kalau mau ngedit sendiri ya minimal mesti ngerti HTML dan CSS dasar. Kalau gak gitu, bisa repot dan berantakan deh tampilan blog kamu.

#5. Terikat peraturan dan kebijakan google

Namanya juga punya google. Pastinya terikat dengan peraturan dan kebijakan google. Contoh gak boleh masang link affiliate. Karena itu dianggap spam. Gila gak tuh? Padahal affiliate kan salah satu monetizing.

#6. Templatenya terbatas dan kurang eyes catching

Selain templatenya terbatas juga kurang memanjakan mata. Tapi itu kalau customize sendiri. Tapi kalau beli bisa aja. Cuman tetep kamu mesti tau dasar HTML dan CSS. Kalau salah hapus, bisa berabe dah urusannya.

Blogger.com ini cocok untuk blogger pemula yang sekedar nulis dan curhat. Jadi kalau kamu pengennya lebih ke menulis alias kontennya. Maka blogger.com adalah solusinya.

Tapi kalau kamu ingin bisa membuat tampilan blog mu menjadi profesional. Pelajari di www.bloggermastery.com

baca juga: 8 Hal ini Bisa Membantu Kamu Menulis Konten di Blog

 

Kelebihan WordPress.org (self-hosted)

Maksudnya self-hosted adalah wordpress yang menggunakan domain dan hosting milik kita pribadi. Ibarat rumah. Kita bener bener merasa memilikinya. Berbeda kalau di blogspot. Itu terhitung ngontrak. Hehe.

#1. Milik sendiri (tidak terikat dengan kebijakan seperti blogger.com)

Ya enak banget kan? Kalau gak ada kebijakan begitu, mau seperti apa pun gaya monetizing kita akan aman aman aja. Selama melakukan hal legal. Bukan spamming. Hehe.

#2. Kendali penuh (bebas mau dibuat blog professional, toko online, landing page, sales page)

Selain itu kalau kamu pakai wordpress self-hosted kendali penuh. Mau bikin blog profesional atau toko online, atau blog sekaligus toko online. Itu bisa banget kalau menggunakan wordpress self-hosted.

#3. Tampilan Dinamis (tinggal install themes, lalu customize sesuai keinginan dan kebutuhan web)

Untuk wordpress self-hosted itu dinamis banget. Apa lagi sekarang banyak developer themes yang kita butuhkan. Misalnya untuk kebutuhan landing page, misal softwarenya LandingPress. Membuat, mengubah beberapa halaman, tak mengubah halaman depan.

#4. WordPress.org gratis karena open sources

Emang sih gratis, tapi kita mesti ngeluarin bugdet untuk sewa hosting dan domain. Tapi gak masalah. Karena hasil yang didapatkan bisa jauh lebih besar dibanding budget yang kita keluarkan. Serius!

#5. Cocok untuk BISNIS

Karena wordpress self-hosted itu dinamis, maka cocok banget untuk membangun bisnis. Mulai dari toko online, web portofolio, blog profesional. Karena kebutuhan themes dan plugins udah banyak yang membuatnya. Kamu bisa cari di envato.com.

#6. Jadi publisher Adsense

Ya blogger.com juga bisa. Apa lagi custom domain. Hanya aja jauh lebih praktis wordpress self hosted. Gak perlu pusing dengan kode adsensenya. Tinggal tentukan tata letaknya aja. Beres deh.

#7. SEO Friendly

Banyak yang bilang wordpress self hosted itu gak SEO Friendly. Tapi faktanya gak begitu. Malah jauh lebih praktis dan simple saat setting keyword yang mau dioptimasi.

Plugins rekomendasi bisa Yoast atau All in SEO pack. Cobain deh. Kamu bakalan dapet feel gimana optimasi pake wordpress self hosted.

#8. Custom Permalink

Kalau sebelumnya cuman tahun dan bulan. Maka di wordpress bisa lebih detail. Yakni tanggalnya juga bisa diinsert. Tapi untuk SEO jauh lebih baik kalau gak pake tanggal. Jadi langsung postname aja.

#9. Bebas iklan, berbeda dengan wordpress.org yang banyak iklannya.

Kalau di wordpress.com itu kan banyak iklannya. Kalau di sini kita memegang kendali penuh website kita. Jadi terserah kita mau diapakan kontennya.

 

Kekurangan WordPress.org (self-hosted)

#1. Butuh modal yang lebih (mesti sewa hosting dan domain)

Untuk bisa dapetin sesuatu yang lebih baik. Emang mesti ada pengorbanan. Hehe. Serius. Emang sih mesti ngeluarin budget lebih. Tapi Biaya hosting dan domain bisa ditekan kok.

Dengan memilih provider hosting yang terpercaya, kredibel dan murah pastinya. Kadika.net sendiri merekomendasikan domainesia.com sebagai hosting murah dan berkualitas. Karena KadiKa Digital Agency kami pun menggunakannya.

#2. Server yang mesti memadai

Kami pernah mensurvey beberapa provider hosting. Ada beberapa di antaranya yang kurang memadai. Pasang plugins rekomendasi (standar) CPU-nya langsung merah (90% – 100%). Maka dari itu memilih hosting pun perlu dipertimbangkan.

Hoting rekomendasi domainesia.com (lokal) dan hawkhost.com (internasional)

#3. Incaran para hacker

Betul. Entah kenapa hacker suka ya? Hehe. Tapi itu bisa diantisipasi kok. Dengan menginstal plugins All in one WP Security.

#4. Dashboard kurang friendly untuk pemula

Kalau gak mau pusing dengan teknis saat ngeblog. WordPress, kurang tepat. Lebih cocok blogger.com Tapi kalau mau naik level, ya pake wordpress self hosted.

WordPress.org (alias wordoress self-hosted) direkomendasikan untuk pebisnis, pemilik toko online, dan blogger profesional.

 

Kelebihan WordPress.com

#1. Themesnya banyak dan variatif

Menurut kadika.net yang paling berbeda antara blogger.com dengan wordpress.com ada di themes. Kalau di wordpress.com developer themesnya banyak dan keren! Berbeda di blogger.com.

#2. Gratis

Tetep sama sama gratis. Sama seperti blogger.com. kamu tinggal daftar. Tentukan nama url blogmu. Tinggal update deh.

#3. Praktis (tinggal install plugins)

Kalau ada komponen blog yang kurang. Tinggal masuk menu plugins, search, install deh. Semudah itu. Kalau di blogger.com mesti masukin kode html.

#4. Comment friendly

Memberikan komentar dan saling komen di wordpress cukup mudah dan asik kok. Selain itu bisa dapetin backlink.

#5. Ada fitur backup

Di wordpress.com ini ada fitur backup gratis. Ya buat jaga jaga data kita hilang.

#6. Terintegrasi dengan sosmed

Sebenernya semua wordpress bisa terintegrasi dengan sosmed. Maksudnya sehabis posting itu bisa langsung autopost ke sosmed milik kita. (ya iyalah masa miliki orang lain, hehe)

 

Kekurangan wordpress.com

#1. Gak rekomen pake custom domain karena gak murah

Kalau mau pake dotcom itu gak semurah kita beli domain di provider hosting terus custom domain seperti di blogger.com. wordpress membuka dengan harga $18 atau setara Rp. 243.000. mending nambahin dikit terus beli domain dan hosting ya?

#2. Banyak iklan yang disisipi

Karena gratis, ya mereka juga ada maunya. Yes. Ada iklan di blog kita. Dan itu gak memberikan kita keuntungan loh. Makanya gak enak pake wordpress.com hehe.

#3. Kebanyakan plugins jadi berat

Kalau terlalu banyak plugins jadinya bikin blog kita loadingnya gak cepet. Gak wus wus gitu. Emang wordpress self hosted juga berpotensi begitu.

Tapi kan spefisikasi wordpress self hosted bisa ditambah alias lebih. Hosting yang dibeli pun agak lumayan harganya hehe.

#5. WordPress.com gak bisa edit CSS dan HTML

Emangnya enaknya bisa gampang tambah plugins dan themes. Tapi sayangnya gak bisa edit CSS dan HTML.

#6. Diskspace limit dan bandwidth terbatas

Terakhir informasi yang didapat 3gb untuk spacenya. Jadi terbatas kalau dipake blogging.

 

Kesimpulannya:

WordPress.com ini masih tetep cocok untuk blogger pemula yang kepengen belajar menulis. Terserah. Nyamannya menggunakan apa. Blogger.com atau wordpress.com.

Namun bila ingin serius dan menjalani karir sebagai professional blogger. Kadika.net merekomendasikan menggunakan wordpress self-hosted.

Demikian blog post kelebihan dan kekurangan antara blogger.com, wordpress self-hosted, dan wordpress.com bisa kamu pertimbangkan untuk belajar blogging.

Kalau udah buat blog-nya boleh komen di bawah ini yak!

See you the next post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.