Inilah 7 Tips Blogger Pemula Beralih Menjadi Professional Blogger(True Story)

Inilah 7 Tips Blogger Pemula Beralih Menjadi Professional Blogger(True Story)

Menjadi Professional Blogger emang gak pernah terpikir sebelumnya oleh ku. Bahkan menyukai aktivitas membaca dan menulis pun gak begitu aku sukai.

Tapi jalan skenarionya Allah gak begitu, aku diizinkan untuk membaca buku di tahun 2012. Aku masih ingat betul apa bikin aku jadi suka membaca, waktu itu judul bukunya “Allah tak pernah ingkar janji”.

Dari situlah aku mulai giat dan bertekad untuk rajin membaca. Anehnya ketika masih kelas 10 teman teman ku gak menunjukkan mereka suka baca dan nulis.

Ketika tahun 2012 itu aku kelas 11. Semester 1 awal. Kenapa aku melihat teman dekat ku jadi suka baca dan nulis. WAH! Makin semangat aku untuk membaca dan menulis.

Terus terang aku belajar menulis itu dari teman dekat ku. Aku mengamati teman ku membuat sebuah catatan. Waktu itu belum kepikiran posting di blog. Masih di notes facebook.

Tapi seiring berjalannya kesadaran ku akan teknologi. Aku memindahkan catatanku dari Notes Facebook ke Blog pribadiku. Yang ku buat menggunakan Blogger.com.

Gak inget aku upload ke link blog yang mana, yang jelas tulisan ku sejak 2012 tersimpan baik di blog ini. Hehe. Agak geli geli gimana gitu untuk membacanya. Tapi boleh buka peta blog ku.

Sampai pada akhirnya aku memutuskan menjadi Professioal Blogger. Momennya sih ketika itu aku bisa bertemu penulis sekaligus motivator dambaan sejak SMA kelas 11. Yakni Mas Ippho Santosa.

professional blogger diundang makan bersama mas Ippho
makan siang bersama Ippho Santosa.

Aku bisa bertemu dengan Mas Ippho dari kompetisi blog yang diadakan olehnya. Info tersebut ku dapatkan di channel telegram @ipphoright. Bukan main rasanya bisa bertemu bahkan makan bareng.

 

Apa sih Professional Blogger itu?

Aku akan membagikan 7 tips blogger pemula beralih bisa menjadi professional blogger. Anyway, mungkin kamu sering mendengar professional blogger atau blogger profesional atau full time blogger.

Sederhana banget definisi dari ku. Menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama bagaimana pun caranya memonetizenya. Bisa dari adsense, paid review, affiliate, blog competition, jual produk fisik bahkan jadi pembicara.

Aku sempat dihire oleh salah satu perusahaan startup untuk jadi digital marketing strategist(2017). Saat itu momennya dapet juara 4 dengan tema “Share Your Digital Marketing Stories”.

Aku ditawari oleh dosenku. Ya, sambil blogging kenapa gak untuk menambah pengalaman. Hehe. Tapi itu gak lama cuman 5 bulanan.

Karena aku ingin lebih fokus kuliah dan profesi ku. Karena memegang tanggungjawab di perusahaan butuh energi yang cukup besar.

Aku sendiri saat ini mengambil cara memonetize blog ku untuk menghidupi diriku dan kelak anak istriku, hehe. Dari blog competition, paid review, jual buku, dan pembicara.

menjadi pembicara di UMKM Class di UHAMKA.

Aku mengikuti banyak blog competition dan meraih juara salah satunya agar bisa dipercaya menjadi pembicara. Dan Alhamdulillah per-juni 2018 aku berkerjasama dengan salah satu startup yang berorientasi keahlian.

taken kontrak dengan salah satu startup digital, jadi pembicara seputar content.

Selain juara blog itu hadiahnya mantep, juga meningkatkan kepercayaan publik. Jadi jangan segan untuk mengikuti blog competition.

Boleh baca 3 hal penting ini bikin blogmu dicintai pengunjung dan juri di dalam postingan itu aku blak-blakan sharing bagaimana bisa meraih lomba. Dari juara 7 sampai juara 1. Mudah mudahan kamu bisa menang juga yak!

Baiklah… sampai kita ke poin pertama, aku yakin kamu udah gak sabar, apa aja sih yang bikin blogger pemula bisa menjadi Professional Blogger.

 

menjadi referensi, terus berbagi. sumber: answermidwest.wordpress.com

#1. Niat Berbagi 

Ini adalah pondasi utama. Niatkan berbagi. Ada yang baca blogpost kita atau gak, tetaplah menulis. Ada yang komentar atau gak, tetaplah berbagi.

Walau sebenernya kalau kita lihat data pengunjung, mereka membaca secara keseluruhan dari blogpost. Niatkan apa yang ditulis bisa jadi referensi banyak orang dan tentunya sesuai keahlianmu.

Misal, aku lebih cenderung pengembangan diri,motivasi. Aku ingin membagikan perspektif dari yang ku dapatkan dari pengalaman mau pun hasil berpikir.

Apa lagi aku niat banget. Kebanyakan opini diperkuat oleh referensi dari buku. Lebih trust. insyaaAllah bakal diterima.

Karena bisa jadi apa yang kita tulis, pembaca merasakan seperti kita, lalu kita tau solusi / cara menyelesaikannya. Dan itu bermanfaat banget.

 

membaca akan membuat kaya kata! sumber: unsplash.com

#2. Tekun Membaca

“Blogger legendaris adalah pembaca yang tekun” Yodhia Antariksa, Professional Blogger. Ini kata mentor saya. Blog yang cukup legendaris dan fenomenal. Yakni StrategiManajemen.net.

Mas Yodhia ini kalau udah buat artikel biasanya viral. Ngerih! Hehe. Selain opini dan perspektif Mas Yodhia keren dan renyah juga ditunjang referensi buku manajemen terupdate. Mantep ya?

Jangan berharap bisa menjadi Professional Blogger kalau males baca. Karena membaca adalah bahan baku untuk menulis.

Gimana bisa menuangkan pikiran dan ide dalam bentuk kata kata. Kalau diri kita aja miskin kata. Setuju?

 

teruslah belajar, agar dapat perubahan. sumber: unsplash.com

#3. Tekun Belajar

“tidak ada kata gagal, yang ada hanya kata belajar” Tung Desem Waringin, Pelatih Sukses no. 1 di Indonesia versi Majalah Marketing.

Ketika konten belum juga mendapatkan perhatian, terus nulis juga stuck , blog berantakan. Satu sikap yang mesti dianut oleh blogger Pemula yang ingin menjadi Professional Blogger adalah tekun belajar.

Mulai belajar mensetup blog pribadi, belajar menulis konten berkualitas, belajar SEO, supaya blogpost nangkring di page pertama Google. Terus yang gak kalah penting yakni gimana cara MONETIZE Blog.

Mungkin kamu yang masih asing dengan kata “monetize”. Kamu bisa lebih paham ketika baca blogpost ini. Sederhananya monetize itu bagaimana kita mendapatkan penghasilan untuk blog yang kita ciptakan dan kelola.

Seperti yang ku sampaikan di awal. Monetizing blog ada banyak caranya, mulai dari adsense, paid review, affiliate, reseller, buka toko online di blog (seperti blog ku ini), kompetisi blog, diundang launching produk, jual jasa menulis konten hingga bikin blog/website, bahkan diundang jadi pembicara.

See paham ya? Jadi ada banyak cara. 😀

 

milikilah mentor agar tau jalan saat kamu tersesat.

#4. Punya Mentor

Ini dia yang gak kalah penting. Punya mentor. Kehadiran mentor sangatlah berarti dalam proses kita beralih dari Blogger Pemula menjadi Professional Plogger.

Mentor adalah orang yang lebih dulu melewati proses yang kita jalani sekarang. Makanya ketika kita mengalami stuck gak tau mesti gimana, mentor akan memberikan jalan.

Mentor itu ibarat guide kita di hutan belantara. Dia bakalan menunjukan jalan untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Maka dari itulah aku memilih mas Yodhia Antariksa sebagai mentorku. Karena aku merasa pas dengan mas Yodhia ini. Dan ada sesi konsultasi gitu lho.

sesi mentoring bersama Yodhia Antariksa.

See saran dari mas Yodhia, berarti banget kan? Jadi enaknya kita bertindak lebih terarah.

 

beranilah untuk mengambil keputusan lalu berkomitmen, berdedikasi, dan konsisten. sumber: unsplash.com

#5. Komitmen, Dedikasi, Konsistensi

Nah ini dia yang gak mudah. Karena September 2016 aku mengambil keputusan menjadi Professional Blogger.

Ini beneran gak mudah, kawan. Tapi bukan berarti gak bisa. Adalah bohong kalau seseorang menjalani mulus mulus aja. Aku juga pernah ngalamin dimana gak mau posting, gak mau nulis, mager banget gitu buat nulis.

Tapi aku terus bergerak, sambil bertanya kepada rekan sesama blogger soal masalahku. Saat itu ada tawaran untuk hadir di launching produk. Tapi pas liat postingan terakhirku. Astaga, langsung ditolak.

Rasanya nyes. Malu maluin diri aja. “katanya professional blogger, nulis aja males?” gerutuku. Dari situ aku dapet kesadaran untuk maksa posting walau sedikit, walau kadang gak terkonsep. Karena udah komitmen, jadi ya enak, gak enak jalanin.

Professional Blogger butuh dedikasi, meluangkan waktu untuk membaca, meriset, mengkonsep sebuah tulisan. Gak bisa tuh bikin tulisan yang berkualitas tapi gak baca buku, gak dikonsepin.

Terus terang bagiku gak sebentar membuat tulisan yang berkualitas. Bener bener mikirin konsep. Angle apa yang akan dibawakan. Coba deh baca postingan ini. insyaaAllah lengkap.

Dan yang tak kalah penting adalah konsisten. Ini dia yang paling gak mudah. Makanya aku sampe download aplikasi wordpress di gadget supaya bisa update terus, berbagi, bercerita.

Kalau sekarang aku menulis cerita itu di blog daily life ku. Biar lepas aja menulis mau gaya gimana pun hehe. Yang jelas sifatnya gak menyinggung atau merendahkan ya.

 

berkoloni seperti semut. sumber: unsplash.com

#6. Berkoloni

Kamu tau kenapa semut begitu kuat? Karena mereka berkoloni. Nah, begitu juga kita sebagai blogger. Baiknya berkoloni alias berkomunitas.

Karena dengan begitu bisa memerat tali kekeluargaan sesama blogger, juga mendapatkan insight yang mungkin kita gak dapet dari buku, blogpost, atau bahkan video di youtube sekalipun.

Salah satunya, BloggerCrony. Yang punya tagline “blogging, networking, empowering.” Saling Blog Walking supaya blog kita benar benar hidup.

Menjalin relasi dalam setiap kegiatan positif yang diadakan oleh bloggercrony. Ingat! Pintu rezeki datang dari menjalin relasi (silaturahim).

yuk berkomunitas bersama blogger crony

Dan saling memberdayakan, gak hanya sekedar BW atau pun kopdar. Di sini juga saling berbagi dan belajar bersama.

Kalau ada yang lebih dulu bisa, pasti akan sharing pengetahuan atau keahlian yang udah dimiliki.

Gimana? Yakin sendirian aja? Yuk berkoloni bersama BloggerCrony.

 

ASUS VivoBook A407 laptop rekomendasi untuk professional blogger seperti kamu. sumber: asus.com

#7. Menggunakan Laptop Terbaik

Tantangan selanjutnya adalah memilih laptop terbaik untuk benar benar bisa menjalani professional blogger. Ya, kalau laptopnya lemot banget buat upload tulisan, bisa ketinggalan dong.

Kalau menggunakan laptop terbaik seperti ASUS ini, kemungkinan membuat konten jauh lebih terasa cepatnya, kualitasnya, dan kuantitasnya. ngerih!

Inget! Ini termasuk dedikasi dalam menjadikan blogger sebagai profesi. Ya, bisa dibilang laptop itu sebagai alat perangnya blogger. Makin mantep, makin tepat sasaran. 😀

Aku ada rekomendasi laptop yang bener bener cocok untuk dijadikan alat perang sebagai Professional Blogger. Intinya kebutuhan mobilitas sebagai professional blogger bakal terpenuhi deh.

Ya, Laptop ASUS VivoBook A407 yang bisa membuat harimu lebih produktif dan tetap terhibur. Loh?

Laptop ASUS VivoBook A407 ini memiliki spefisikasi dan fitur yang sangat rekomended untuk Professional Blogger.

 

ASUS VivoBook A407 warna star grey. sumber: asus.com

Professional Blogger butuh desain yang nendang!

Visual + Text adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Menulis konten berkualitas kalau gak dibarengi dengan visual yang nendang, bakalan kurang nendang kontennya.

ASUS VivoBook A407 ini mendukung untuk desain hingga editing video. Laptop yang ditenagai Intel® Core™ i3 6006U Processor 2.0 GHz (3 M Cache).

Nulis konten makin mantep. Ngedesain infografis + ngedit video makin mantep karena udah dipasangi NVIDIA GeForce MX110 sebesar 2GB. Bakalan keren banget hasilnya.

Gak perlu khawatir, kecepatan render atau ngesave desainnya secepat yang kita inginkan. Karena ASUS VivoBook A407 ini memiliki Ram (DDR4) 4GB yang bisa diupgrade hingga 8GB. Canggih!

Enaknya lagi gak pusing soal sistem operasi, ASUS VivoBook A407 ini udah dipasang sistem operasi Windows 10 Home, rekomendasi dari ASUS lho!

 

kamu bisa makin produktif dengan ASUS VivoBook A407 karena ringan dan tipis. bisa dibawa kemana aja. sumber: asus.com

Produktif dimana aja, kapan aja

Saat project berdatangan, kita butuh mobilitas tinggi untuk mengerjakan. Bisa aja kita kerjakan di café, coworking space, gak perlu repot karena ASUS VivoBook A407 ini bisa dibawa kemana aja. Karena beratnya cuman 1,5Kg lho.

Gak cuman itu, kawan. ASUS VivoBook A407 ini memiliki ketebalan 21,9milimenter, cukup tipis untuk ukuran laptop.

Terus nih, lebih mantep lagi ada fitur NanoEdge dengan bezel layar 7,1 milimeter, jadi rasio body-nya 73,8%.

Tetep nyaman ngerjain dimana aja, karena ASUS VivoBook A407 ini punya Display 14.0” (16:9) LED backlit HD dengan Anti-Glare 60Hz. Jadi enak nih, di mata tetep nyaman.

laptop asus vivobook a407 tetep dingin. lebih dingin dari suhu tubuh. sumber: asus.com

Kita bisa produktif berawal dari rasa nyaman. ASUS VivoBook A407 memberikan kenyamanan lebih dari yang kita kira. Kadang kan yang bikin kita gak nyaman adalah ketika laptop mulai memanas. Iya?

Laptop ini menggunakan kontrol kipas yang cerdas, suhu palm rest rata-rata di bawah 36˚C, ya lebih rendah dari suhu tubuh. Asli keren banget ya? Beneran bisa fokus, project jadi banyak yang terselesaikan.

 

nonton film dan maen game di ASUS VivoBook A407 bakal terpuaskan, karena teknologi Tru2Life Video

Terhibur dimana aja, kapan aja

Kadang setelah mengerjakan project ada rasa penat, butuh hiburan. Iya ‘kan? Manusiawi banget kalau begitu.

Gak perlu kemana mana, kawan. ASUS VivoBook A407 ini memberikan pengalaman baru dalam menonton film.

Karena teknologi Asus Tru2Life Video mengoptimalkan secara sempurna setiap piksel dalam frame video. Tingkat ketajaman dan kontras hingga 150%. Wuidih.

Gak hanya itu. Punya ASUS VivoBook A407 yang memiliki spesifikasi mumpuni bisa menopang games grafis tingkat tinggi juga dong. Misal PES, Naruto, bahkan sampai Dota. Karena ada NVIDIA GeForce MX110 sebesar 2GB.

Setelah penat mengerjakan project, jadi bisa seger lagi karena hiburan yang asik banget. 😀

 

ini dia fitur yang paling aku sukai, fingerprint sensor. sumber:asus.com

Keamanan Ganda

Tak dapat dipungkiri teknologi makin canggih, tingkat keamanan terus meningkat. Aku suka banget fitur fingerprint sensor di dalam ASUS VivoBook A407 ini. Terus, mudah juga membuka sandi hanya menempelkan sidik jari.

Karena gadget ku sendiri ada fingerprintnya. Asli enak dan high secure! Gak hanya itu ada BIOS Booting User Password Protection, HDD User Password Protection and Security, Security Lock, dan fTPM (Firmware-base Trusted Platform Module).

Benar benar keamanan tingkat tinggi. Ketika ada kejadian yang gak dinginkan, Asus VivoBook A407 ini benar benar mengamankan data terpenting kamu.

Bisa jadi disalahgunakan oleh pihak yang gak bertanggungjawab. Apa lagi kalau itu kebanyakan data klien kamu. hehe. Apalagi harddisk ASUS VivoBook A407 ini 1TB alias 1000GB, pasti bisa nampung banyak data klien. hehe.

 

Fitur lainnya dari Asus VivoBook A407

Selain fitur keren yang ku sampaikan sebelumnya, ada fitur lainnya. Mulai dari AUDIO, Built-in Stereo 2 W Speakers and Micrphone, ASUS SonicMaster Technology.

Interfacenya ada COMBO Audio jack, Type A USB3.0 (USB 3.1 GEN1) nah ini bisa copy-paste data dengan kecepatan 100MB/s. Terus USB 2.0, HDMI dan Micro SD.

Diiringi juga teknologi Wi-Fi Integrated 802.11b/g/n, Integrated 802.11 AC. Ini udah keren banget. Bisa nangkep sinyal Wi-Fi bersinyal lemah, tapi koneksi tetep cepat.

Coba aja bandingkan laptop zaman now dengan 3-4 tahun sebelumnya. Teknologi Wi-Finya agak gak sekuat sekarang. Terus ada built-in Bluetooth V4.1, udah gampang kalau transfer music, foto, atau file.

Dan ini yang paling aku suka dari ASUS VivoBook A407, yakni Fast Charging. Asli ini keren banget. Kalau baterai habis, tinggal tunggu aja 1jam-an. Karena 60% terisi hanya butuh 49menit.

Ada pun ASUS memberikan garansi hardware global 2 tahun.

 

Menurutku lebih baik mengeluarkan investasi untuk membeli ASUS VivoBook A407 ini. Karena ini udah hi-tech. Cocok banget untuk Profesional Blogger seperti kamu.

Investasi 6jutaan bisa balik lebih dari segitu. Lah iya, kalau semuanya cepat, project pun masuknya lebih banyak. Hehe.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook A407 ini. Dengan tampilan brushed yang eye-catching dalam (warna) Star Grey dan Icicle Gold.

ASUS VivoBook A407 warna Icicle Gold

So, ini adalah 7 tips blogger pemula beralih menjadi professional blogger. Kamu yang bertekad. Aku doakan semakin mantap menjalani sebagai Professional Blogger.[]

4 Comments

  1. Awal membaca judul : Wah bakal menarik nih.
    Baca pertengahan : Hm, walaupun dalam alexa rank tidak tinggi tapi penulisan, penempatan gambar nya sudah sangat baik, dan bahasa mudah dicerna.
    Baca di akhir : Lah, ini ujung-ujung mempromosikan Asus Vivobook A407…

    Kesan saya : Wow, pembahasan awal dengan tujuan akhir artikel ini benar-benar tidak terduga. Saya sama sekali tidak menduga ending dari artikel ini. Benar-benar di kemas dengan sangat menarik. Ibarat film yang ending tidak terduga.
    BTW, saya juga pengguna Asus Vivobook , yakni tipe S510U yang bezel tipis, ringan dan kencang. Asik banget dibuat ngeblog. Salam Kenal ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.