Ada Apa dengan Grand Launching VIVO V9?

Ada Apa dengan Grand Launching VIVO V9?

Cepatnya perkembangan teknologi membuat manusia terus ingin berinovasi melahirkan karya terbaik untuk keberlangsungan umat manusia. Bukan untuk apa apa, melainkan untuk kemudahan dan membuktikan kemajuan peradaban manusia itu sendiri.

Seperti halnya Grand Launching VIVO V9 yang diselenggarakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawatengah pada tanggal 29 Maret 2018. Yang diliput secara live di 12 Stasiun televisi dan 10 media digital.

Media televisi yang ikut meliput secara live di antaranya: MNC TV, RCTI, ANTV, GTV, Trans7, TransTV, MetroTV, TV ONE, TVRI, NET., Kompas TV, dan RTV. Ada pun ada live di youtube dan facebook official Vivo Smartphone Indonesia.

Media Digital yang ikut memeriahkan juga ada: Detik.com, tribunnews.com, Kompas.com, Liputan6.com, JalanTikus.com, TabloidPulsa.co.id, UC News, JOOX, Mobile Legends: Bang Bang, dan Youtube.

Gak kalah keren acara ini dibawakan oleh Andika Pratama. Acara ini berlangsung selama 1,5 Jam dari pukul 20:00WIB hingga 21:30WIB. Dalam sepanjang acara gak ada iklan komersil selain menapilkan VIEW dari Gadget itu sendiri. Itu pun diselingi waktu setiap 20 menit sekali.

Untuk pembukaan dibuka oleh 5 penyanyi papan atas, di antaranya Tulus, Afgan, Al Ghazali, dan 2 orang lagi lupa. Hehe.

Vivo V9 dengan gagahnya menonjolkan diri sebagai produk terbaru dan inovatif yang memiliki tagline Perfect Shoot, Perfect View.

 

Bentuk Kerja sama VIVO

Dalam acara tersebut vivo memberikan offer(penawaran) yang bekerja sama dengan JOOX, Mobile Legend sebagai official partners. Ada pun bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi, yakni XL Axiata, Indosat, dan Telkomsel. Dalam offer(penawaran) dari ketiga operator tersebut memberikan harga promosi di bawah normal yang biasa kita dapatkan.

Mungkin VIVO membaca data kalau di Indonesia orang lebih suka mendengarkan musik via JOOX bukan Spotify atau memang sengaja untuk menaikan jumlah pengguna JOOX di Indonesia. Aku belum tau, karena tak punya datanya. Ini hanya asumsi aja.

Mobile Legend. Yes, gak cowok dan cewek main mobile legend. VIVO V9 berupaya untuk menghadirkan device terbaik di bidangnya untuk memberikan sensasi terbaik para gamers Mobile Legend.

Dari operator yang bekerja sama, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Telkomsel. Bisa dibilang mereka membidik pasar menengah ke atas serta anak remaja. Ya khususnya untuk generasi millennials dan GenZ.

Karena dilihat medianya terlihat kalau itu untuk target anak muda juga (NET.). Hmm. Iya kan?

 

Funnel (alur)

Aku melihat sebuah alur (funnel) dalam acara ini. Seperti disinggung sebelumnya kalau setiap 20 menit ada jeda untuk menampilkan gadget VIVO V9. Setelah offer (penawaran) lalu lanjut acara Drama Musikal yang diperankan oleh artis papan atas dan brand ambassador.

Alurnya mereka membawa para penonton baik yang menonton di televisi maupun secara live untuk di arahkan ke VIVOSmartphone.id web official mereka. Dengan alasan mereka bisa dapetin VIVO V9 secara GRATIS yang akan dibagikan kepada 9 orang!

Dan syarat untuk mendapatkan VIVO V9 mudah sekali, yakni mengupload template story di Instagram dan tag akun Instagram official VIVO V9. Lagi lagi menciptakan keriuhan di sosmed. Hihi.template vivo v9 untuk dapetin gadget gratis

Sempat aku coba akses, sampai down websitenya. Wudih ngerih sekali. Saking banyaknya orang berkunjung dalam satu waktu (one time).

Mereka (VIVO) membawa orang ke website untuk dibaca datanya. Gak percaya? Di dalam website VIVOSmartphone.id ada terpasang PIXEL Facebook untuk merekam data custom audience facebook mu dan GOOGLE ANALYTICS dimana GA ini bener bener bisa membaca data secara detail.

Data yang dibaca oleh GA mulai dari umur, tinggal dimana, pake gadget apa aksesnya, pake operator apa, pake browser apa, seberapa lama buka websitenya, dsb. Coba bayangin! Setelah launching mereka dapetin pamor dan data! Asoy sekali.

Untuk pixel facebook kamu bakalan diikutin iklan yang bakal mereka buat. Karena untuk iklan yang diiklan ke Custom Audience dari pengunjung vivosmartphone.id lebih segmented karena udah memiliki interest terhadap produk VIVO. Apa lagi kalau sampe ngeklik PO di salah satu E Commerce yang bekerja sama untuk PO VIVO V9.

po vivo smartphone di e commerce murah

Oh yah, dalam template tersebut juga lagi lagi membaca data. Masyarakat itu sukanya warna apa sih? Artisnya sukanya siapa? Dari situ VIVO bisa memproduksi VIVO sesuai permintaan dan membuat iklan lebih mengena dari artis pilihan di template story tersebut.

VIVO V9 ini dibuka dengan bandrol Rp. 3.999.000,-. Soal Spesfikasi VIVO V9 bisa di googling aja ya. hihi.

Gimana keren nan mantap bukan?

 

Semiotik (Simbol)

Dari tempat-nya, baju yang dipakai oleh artis ada makna terselubung. Bahkan Andika (MC) menyampaikan terang terangan “ada apakah dibalik baju biru biru yang kami kenakan?”.

Di penghujung acara Danil “Arti dari baju biru ini menandakan VIVO V9 mengeluarkan produk terbaru, COOL BLUE dimana persediaan sangat terbatas”.

Lagi lagi dan lagi. Cool Blue itu belum ada yang memproduksi. VIVO V9 hadir sebagai pionir dalam memproduksi Smartphone berwarna tersebut.

Itu dari produknya. Gimana kalau tempatnya? Kenapa mesti di candi Borobudur?

Aku melihat VIVO V9 ini bener bener ingin bisa menaikan brand mereka. Setinggi brand Candi Borobudur yang menjadi salah satu keajaiban dunia.

Dan ingin mengenalkan ke seluruh Indonesia, kalau VIVO itu emang layak digunakan oleh seluruh warga. (duh agak maksa dikit, hehe).

Aku sih gak tau ya, maksud sebenernya apa. Yang jelas mereka pasti punya tujuan dan maksud tersendiri.

 

Sampailah di ujung tulisan ku. Btw, aku berupaya semaksimal mungkin untuk menyajikan hasil review ku dengan mudah dicerna.

Yuk Diskusikan dan kasih masukan kamu di kolom komentar di bawah ini.

 

See you the next post!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.