Effortless Marketing: Satu Langkah Mengubah Followers Menjadi Buyers dan Customers

Mungkin kamu sedang berpikir bagaimana bisa sukses di tahun 2021 ini? Strategi marketing seperti apa yang efektif dan menghasilkan profit?

Entah kamu sebagai business owner, marketer, blogger, author, content writer, copywriter, atau microblogger. Yang jelas strategi ini bisa kamu terapkan dan menghasilkan profit meski biaya iklan yang dikeluarkan sedikit.

Produk apa pun yang kamu jual selama menerapkan ini, insyaaAllah laku terjual, bahkan mereka rela membeli lagi dan lagi. WOW! Mereka jadi customermu. Yes. Benar sekali.

 

Effortless Marketing is Content Marketing

Adakah yang bisa bekerja selama 24 jam nonstop untuk mengedukasi calon pembeli hingga meng-closingkannya?

Rasa-rasanya SPG pun tak sanggup melakukan itu, seandainya ada yang sanggup bekerja lebih lama dari biasaya, pasti bayarannya sangat tinggi.

Tapi, bagaimana kalau ada yang bisa bekerja selama 24 jam nonstop untuk kita? Ya, itulah konten.

Kita hanya butuh waktu 1-2 jam sehari untuk membuat konten dan konten itu bekerja selama 24 jam nonstop untuk kita.

Bayangin betapa hematnya budget yang kita keluarkan untuk biaya iklan. Ini bukan omong kosong, saya sebagai full time writer yang fokus menjual karya, menerapkan hal ini.

Kamu bisa cek di @impactfulwriting atau impactfulwriting.com, saya dan tim menerapkan content marketing. Tapi kenapa saya menyebutnya effortless marketing? Teruslah membaca.

 

sumber: instagram.com/semrush/

Prediksi Content Marketing di Tahun 2021

Saya membaca trend yang akan terjadi di masa kini melalui data yang diterbitkan oleh Semrush di Instagram.

Kamu bisa lihat gambar ini, ketika orang bertanya “what is content marketing”, artinya mereka bertanya tentang definisi.

Mulai berpikir dan memahami seperti apa content marketing itu, bahkan di no. 4 ada keyword “how to content marketing”. Udah bertanya bagaimana content marketing bekerja.

Kalau digital marketing bukan lagi hal baru, bahkan membutuhkan budget yang sangat tinggi untuk mempromosikan sebuah produk.

Content marketing adalah solusi strategi menaikkan profit tanpa mesti mengorbankan banyak budget.

Alhamdulillah, kami bisa meraih 100 juta pertama dari tulisan, menggunakan strategi content marketing. Budget iklan nggak sampe berjuta-juta.

Kalau budget iklan besar menghasilkan besar juga itu wajar, bagaimana budget sedikit tetap menghasilkan profit? Nah, itu baru keren.

 

Apa itu Content Marketing?

Oke, sebelum lanjut dan memahami content marketing, ada baiknya kamu memahami secara definisi agar semakin paham dan greget untuk menerapkannya.

Versi CopyBlogger: Content Marketing means creating and sharing valuable free content to attract and convert prospects into customers – and customers into repeat buyers.

Versi StoryChief.io: is a form of online marketing focused on creating, publishing, and distributing content to a targeted audience.

This strategy is used to: Attract and engage a community of users, increase brand awareness and credibility, generate leads and sales, and expand the customer base.

Kalau kita bisa ambil benang merahnya content marketing adalah upaya untuk mengubah calon pembeli menjadi pembeli, lalu dari pembeli menjadi pelanggan dengan konten yang bermanfaat secara gratis.

Menariknya konten yang kita buat mendeskripsikan seperti apa target market kita.

 

Funneling Mengubah Persepsi Calon Pembeli

Bagaimana kamu bisa jadian dengan seseorang? Pasti ada alurnya kan? Nggak tiba-tiba jadian. Ya, begitu juga dalam content marketing, ada alur yang mesti diciptakan, agar apa? Ya jadi buyers dan customers.

  1. Apa Masalah Calon Pembeli?
  2. Apa yang Diharapkan Pembeli?
  3. Solusi Apa yang Tepat untuk Calon Pembeli?

Kamu mesti mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh calon pembeli. Sehingga saat kamu membuat konten yang bermanfaat mereka merasa konten itu “gue banget”. Ya tujuannya untuk engage (terlibat).

Bagaimana konten bekerja untuk kita selama 24 nonstop? Konten yang mampu memberi edukasi hingga greget untuk beli?

Teruslah membaca…

 

Inilah yang Dimaksud Effortless Marketing

Content Marketing adalah konten yang mampu mendatangkan pengunjungnya sendiri, karena kita optimasi (SEO untuk blog, hashtag untuk Instagram) dan konten yang dibutuhkan target market.

Content marketing ada beberapa media dan jenis kontennya.

  1. Konten blog berarti content marketing untuk website di google.
  2. Konten Instagram berarti content marketing untuk akun Instagram.
  3. Konten video berarti content marketing untuk akun YouTube.

Nah, menariknya effortless marketing yang saya maksud adalah email marketing automation.

“wah, apaan tuh kadika?”

Kalau saya bercerita di Nulis Aja, Email Marketing Automation ini sebuah strategi agar kita bisa mengirimkan konten secara otomatis yang bertujuan mengubah persepsi seseorang.

Yang awalnya nggak tertarik sama sekali, sampe greget banget kepengen beli. Apa buktinya? Ya, itu 130jutaan dari tulisan, menjual tulisan dengan tulisan, hehe. Menarikanya saya kupas tuntas di Nulis Aja.

Pernahkah kamu mendapatkan email terus menerus setiap hari? Itulah email marketing automation.

Dimana konten itu dirancang untuk membuatmu menjadi menarik. Tapi ingat bukan berarti konten itu isinya manipulatif. Tentu tidak.

Tapi, konten email yang dibuat sesuai masalah yang dirasakan calon pembeli. Bukankah kita sendiri bingung keinginan besar kita apa? Masalah kita apa? Dan solusi kita apa?

Email marketing automation membantu mendistribusikan konten secara tersistem dan otomatis! Itu yang saya maksud, nggak mesti setiap hari menjelaskan, tapi ada email marketing automation yang melakukan edukasi.

Di dalamnya, kamu berbagi pemikiran dan perspektif yang kamu miliki. Karena nggak mungkin juga kalau kontennya manipulatif dan bohong, yang ada reputasi kamu hancur.

Ingat, transaksi di online itu soal trust (kepercayaan). Kalau nggak ada trust, orang nggak mau transaksi.

Seperti kata Denny Santoso dalam List Building Blackbox, tujuan adanya Email Marketing Automation adalah untuk men-deliver knowledge, belief, dan mindset yang kita anut.

Orang mau membeli produk hingga berlangganan, karena boleh jadi berpikir seperti yang kita pikirkan. Alias pemikiran kita udah ditransfer ke pembeli. 😀

 

Kenapa Mesti Email Marketing Automation?

Mungkin kamu bertanya-tanya apa bedanya konten instagram dan konten blog dengan email marketing automation? Keduanya nggak terkendali, nggak bisa mengikuti alurnya.

Berbeda kalau di email marketing automation, pembaca email bisa mendapatkan secara runut edukasi dari kamu. Harapan kita agar langsung dikenal oleh calon pembeli dan menyadari produk kita adalah solusi, ya jadi lebih cepat.

 

Kolaborasi Instagram dengan Email Marketing

Kita bisa menggaet leads dari Instagram (orang yang berminat dan menukar databasenya dengan sesuatu yang berharga untuk mereka).

Dan email marketing automation membantu mengubah persepsi, yang awalnya nggak kenal, jadi kenal dan percaya.

 

diolah dari riset Hootsuite

Instagram Menjadi Trend di Tahun 2021

Kamu bisa merasakan sekarang banyak orang yang gencar memberi edukasi bermanfaat di instagram, atau yang bisa kita sebut Microblogger.

Dalam riset Hootsuite, Instagram media sosial yang paling efektif di tahun 2021, dengan besar persentase 61%. WOW bayangkan betapa besarnya persentase itu.

Kamu sendiri udah merasakannya kan? Kalau di instagram banyak banget konten edukasi yang bermanfaat gratis.

Dan itulah content marketing. Namun sayangnya, kita terbentur dengan algoritma. Untuk mensiasatinya, ya dengan Email Marketing Automation.

 

inilah yang saya lakukan di instagram, untuk menggaet leads.

Bagaimana Mendapatkan dan Mengumpulkan Target Market Secara Tertarget dan Tanpa Budget?

Mungkin kamu juga bertanya-tanya bagaimana mendapatkan leads dan masuk ke email marketing automation kita?

Tapi, sebelum itu, kamu mesti tau apa itu lead magnet? Ya, sebuah konten (entah ebook, video, atau podcast) yang diberikan secara gratis dan punya nilai.

Tujuannya agar lead magnet itu ditukar dengan nama dan email. Jadi, pastikan kamu udah punya leads magnet untuk menggaet leads kamu.

Tenang, saya akan menunjukkan caranya:

Pertama, Buatlah konten di instagram yang mewakili perasaan mereka. Walau kamu akan memberikan leads magnet gratis ke mereka. Kamu mesti membuatnya seola-olah mereka membutuhkan itu.

Kedua, Berceritalah, ini adalah cara terampuh yang pernah saya lakukan. Membuat audience merasa membutuhkan apa yang kamu bagikan gratis itu.

Ketiga, Pastikan leads magnet yang kamu berikan adalah leads magnet yang sesuai dengan target market dan produk yang kamu jual.

Keempat, Siapkan email autoresponder yang berisi edukasi dan dikirimkan setiap hari.

Kelima, Dan kamu mendapatkan list email tanpa budget.

 

biar gak ketinggalan, pastikan email dari Qwords masuk inbox, gaes. 😀

Qwords Selangkah Lebih Maju

Nah, menariknya Qwords udah melakukan ini. Saya pribadi selalu mendapatkan notifikasi dari broadcast email qwords.

“tunggu, apa bedanya email autoresponder dengan broadcast email?”

Oh, sederhana sekali cara membedakannya. Kalau email autoresponder itu udah disetting akan mengirimkan email ke seseorang yang baru subscribe.

Kalau broadcast email, kita mengirimkan email ke seluruh list database. Jadi baru banget ditulis lalu diblast. Gitu. Kebayang, ya?

Menariknya Qwords melakukan ini secara instens. Mereka tau kalau terus mengandalkan budget digital marketing, bakalan boncos.

Ingatlah kata Tony Hsieh “bisnis dibangun di atas pelanggan tetap”. Satu-satunya cara agar menjaga cusomter terus membeli layanan, ya dengan menjalin hubungan lewat email.

Coba bayangin, betapa Qwords sangat peduli dengan pembeli dan pelanggannya.

 

Percayakan kepada Provider yang Berpikir Selangkah Lebih Maju

Kalau content marketing aja udah dilakukan oleh Qwords, artinya Qwords Hosting Indonesia yang layak dipercaya sebagai pilihanmu, udah Hosting Murah, inovatif lagi. Kenapa? Sebentar lagi kamu akan mengetahuinya.

Sebelum adanya prediksi SEMRush kalau content marketing akan mendominasi tahun 2021. Qwords sendiri udah melakukannya, keren banget nggak tuh.

Nggak hanya menyediakan Hosting Indonesia dan Hosting Murah, Qwords juga menyediakan bagaimana bisa sukses di tahun 2021 ini.

Apa itu?

 

Layanan Email Marketing Automation

Ya, selain qwords memiliki layanan Hosting Murah. Kini Qwords membuka layanan Email Marketing Automation. Namanya Mailtogo. WOW!

Dimana software berbasis web ini akan memudahkan kamu mengedukasi tanpa harus terlibat di dalamnya. Kamu benar-benar effortless.

sumber: qwords.com/mailtogo

 

Provider Hosting Pertama yang Kutahu

Semua pengetahuan tentang domain, hosting, VPS, custom domain blogspot, berawal dari Qwords. Sejak 2012 aku mengetahui dan mengenalnya, hingga kini aku masih menggunakan layanan dari Qwords.

 

13 Alasan Kenapa Kamu Mesti Memilih Qwords sebagai Pilihan Hostingmu

Semakin kamu mengetahui alasan menggunakan Qwords, semakin kamu semakin tertarik. Yeay! Yuk langsung aja:

#1. Hosting Murah

Hosting murah bukan berarti murahan, murah karena Qwords tulus membantu para pebisnis, UMKM, blogger, mahasiswa, dan perusahaan agar bisa tumbuh secara digital.

#2. Hosting Indonesia

Akses websitemu semakin cepat dan ngebut, karena tersedia penyimpanan datacenter di Indonesia.

#3. Support 24 Jam

Lagi begadang bikin website, tiba-tiba ada kendala? Tenang, tim support Qwords sedia 24 jam.

#4. Mendukungmu Sampai Sukses

Ini yang paling membedakan qwords dengan yang lainnya, bukan sekadar menyediakan layanan hosting dan domain terbaik.

Juga menyediakan tools lain untuk mendukungmu sukses. Dari layanan Email Marketing Automation, Email Suite (email bisnis seperti [email protected]), hingga bikin[dot]website yang profesional. Gokil sih ini qwords, lengkap banget.

#5. Go Internasional

Ini yang menarik, Qwords udah Go Internasional. Bayangin aja, kalau di luar Indonesia aja dipercaya, begitu juga di dalam Negeri. Kenapa? Sebentar lagi kamu akan mengetahuinya. 😀

#6. Pilihan Hostingnya Lengkap

Dari pemula hingga mahir, kebutuhan hostingnya bakalan berbeda. Itulah kenapa Qwords memberikan banyak pilihan. Dari Hosting Murah hingga hosting terjangkau. Eh, sama aja ya? 😀

Dari unlimited hosting, wordpress hosting, CLOUD VPS KVM SSD, High Performance Hosting Cloud Computing, Dedicated Bare Metal Server, Colocation Server. Gokil! Lengkap banget.

#7. Banyak Promonya

Mulai dari diskon hosting hingga promo bundling. Beuh, pokoknya mantap ini.

#8. Pembayaran Lengkap

Takut kena charge? Tenang, pembayaran di Qwords lengkap banget.

sumber: qwords.com

#9. Panduan Lengkap

Nah, ini. Pertama kali tau cara mengubah blogspot.com menjadi dot.com aja dari Qwords. Dari sinilah aku banyak belajar dan dapetin pengetahuan.

#10. Jaminan Keamanan

Takut ada walmare dalam hostingmu? Tenang, Qwords memberikan jaminan untuk itu. Agar data kamu tetap aman, kamu pun tenang.

#11. Garansi Uang Kembali

Nggak puas? Tenang, kamu juga bisa mengajukan pengembalian dana. Nggak tanggung-tanggung, 30 hari setelah hosting aktif. Biasanya kan 7 hari dan 14 hari. Tapi Qwords memberikan 30 Hari. WAW! Leluasa banget buat mencobanya.

#12. Dipercaya 45.000+ Pelanggan dan Brand Besar

Apa kataku, selain dipercaya di luar Indonesia. Qwords juga dipercaya brand besar, mulai dari BPJS Ketenagakerjaan, MD Pictures, Cimory, dan brand besar lainnya.

#13. Affiliate

Bukan sekadar merekomendasikan hosting mendapatkan komisi. Juga ada program private label hosting reseller dan private label domain reseller.

Dimana kamu bisa berbisnis domain dan hosting tanpa mesti membawa nama Qwords tapi tetap menikmati layanan terbaik dari Qwords. Mantap ya?

 

Kesimpulannya?

Ada baiknya setelah kamu mengetahui content marketing yang saya jalani, kamu patut mencobanya. Mulailah membangun branddotcom, karena memiliki website atau blog di tahun 2021 ini sangatlah penting dan berperan sekali.

Apa komentarmu? 🙂

About the author

Dwi Andika Pratama

Impactful Writer Expert. Mentor at CertifiedImpactfulWriter.com

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pencipta Blog Ini

Dwi Andika Pratama sapaan akrabnya Kadika. blogger sejak 2012. Menjuarai lebih dari 10x Kompetisi Blog. Penikmat Buku Pengembangan Diri dan Marketing. selengkapnya…

Paling Dicari

Hosting Terbaik

hosting terbaik

Kategori

HOSTING UNLIMITED MURAH

Hosting Unlimited Indonesia

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 20 other subscribers

Ikut Lomba Blog Yuk?!

Part of BloggerHub.id