5 Cara Praktis Mengatasi Pikiran yang Melompat Lompat

Pernah kah kamu merasakan betapa gak nyamannya ketika pikiran itu melompat lompat seperti monyet? Belum selesai memikirkan ini, udah melintas lagi pikiran lainnya.

Atau contoh riilnya nih. Ketika makan, tiba tiba keinget kunci motor. “duh tadi gue simpen kunci motor disimpen dimana yak”. Lagi makan tiba tiba kepengen ngechat temen karena ada sesuatu yang kepengen banget diomongin. Dirasa penting jadinya makan sampe tertunda.

Ada yang pernah ngalamin begitu?

Yes, itu namanya Mind Monkey atau pikiran yang melompat lompat seperti monyet. Parahnya lagi, kalau kita biarkan terus menerus. Bikin kita gak bahagia dan damai lho.

Maka dari itulah blog post ini dibuat untuk menyadarkan kalau mind monkey itu mesti diwaspadai. Selain mengganggu dan mengurangi kenikmatan yang sedang kita jalani.

Yuk ah. Boleh langsung disimak!

 

#1. Mindfulness

Mindfulness? Apa itu mindfulness? Kalau kadika menafsirkan mindfulness itu memusatkan segala perhatian kita ke ritme nafas.

Idealnya duduk tegak, mata dipejamkan terus fokus ke nafas. Di sini kita berlatih memusatkan pikiran ke satu titik.

Namun pada pengembangan Mindfulness ini lebih ke menyadari apa yang kita lakukan saat ini. Makan, ya makan. Minum, ya minum. Membaca, ya membaca. Kurang lebih begitu.

Mindfulness ini ngebantu membiasakan kita untuk fokus pada satu perhatian. Agar kita benar benar menikmati setiap momen.

 

#2. Kenali Ini

Mind Monkey makin jauh lompatannya kalau kita merasa takut kalau apa yang kita pikirkan itu hilang dan gak dateng lagi. Perlu dikenali lho ini yak.

Jadi karena kita ketakutan dengan pikiran yang hadir saat melakukan aktivitas lain. Kita akhirnya malah mendistraksi akvitias yang sedang kita lakukan.

Padahal untuk mengembalikan fokus itu butuh energi yang besar.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menyelesaikan Masalah dengan Tuntas tanpa Bekas

 

#3. Abaikan

Kalau mind monkey lagi beraksi. Baiknya sih diabaikan aja. Terkadang pikiran itu hanya lewat aja. Ngenganggu alias ngedistrak.

 

#4. Tuliskan

Kalau dirasa pikiran itu penting. Sediakan buku catatan atau siapkan note. Kalau ada pikiran yang menurut mu penting. Baiknya catet dulu. Setelah itu baru eksekusi.

Baca juga: 10 Nilai Diri yang Patut Kamu Anut untuk Meraih Kesuksesan

 

#5. Berdialog dengan Diri Sendiri.

Kalau gak ada buku catatan. Bisa ajak ngomong sama diri sendiri. “hmm. Boleh gak mikirin ini tuh nanti aja. Gue mau makan dulu”. Kurang lebih begitu.

Demikian 5 cara praktis mengatasi pikiran yang melompat lompat seperti monyet (mind monkey). Mudah mudahan bisa membantu ya![]

3 Comments

  1. Saya cukup sering mengalami fenomena seperti ini, hal terburuknya adalah kita nggak bisa fokus terhadap hal yang benar-benar penting.

    Btw hatur nuhun kang atas sarannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.