Mungkin Saatnya Aku Pindah 'Rumah'



Mungkin Saatnya Aku Pindah Rumah

Setelah aku putuskan untuk menjalani profesi Professional Blogger. Aku mendapati peningkatan dari skills, finansial, spiritual, mental, relasi, dan otoritas.
Dari awal aku sudah mengenal blog. Karena aku belum yakin dengan apa yang aku jalani, aku kehilangan semangat.

Saat tahun 2011. Aku dikenalkan oleh kaka ku melalui buku yang ia berikan sebagai hadiah ulang tahun. Ya, aku diberikan buku tentang blogging.

Sebenarnya agak males baca apa lagi bukunya teknis, aku lebih suka langsung praktek. Dulu aku merasa sayang betul uangnya dibelikan buku buku yang aku sendiri bisa lakukan sendiri. (sombong betul wkwk)

Dari itu aku mulai mempraktikkannya, aku membuat blog sekolah yang khusus membahas tentang IT. Karena saat itu aku diberikan tanggungjawab untuk menjadi ketua IT LAB.

Ada beberapa alasan kenapa aku akan pindah rumah. Dan aku juga akan cerita titik balik kenapa aku memutuskan untuk menjalani profesi ini dengan sepenuh hati dan keyakinan yang mantap.

Oh ya, jangan salah paham dulu. Yang aku maksud di sini bukan pindah rumah yang sebenarnya. Tapi rumah yang aku maksud adalah blog.

Jadi dwiandikapratama.com sementara aku tinggalkan, tapi kamu tetap bisa menikmati tulisan di dalamnya. Karena aku akan menghuni rumah baru dengan alasan yang sebentar lagi kamu akan tahu.

Kemana?

Ya, aku akan pindah ke www.kadikatalk.com, jadi mohon maaf sebelumnya kalau kamu menantikan update dari www.dwiandikapratama.com. Sekarang aku updatenya di ‘rumah’ baru. Hehe.


Menuju Profesional

Kita tau, blogspot itu gratis, wordpress itu gratis, dan masih banyak lagi platform yang menyediakan untuk membuat blog secara gratis.

Aku pertama kali mengenal platform blogspot (blogger.com). alasannya sederhana, blogspot itu friendly sekali. Bahkan aku mengamati perubahan dari 2012 hingga sekarang 2017.

Perubahannya cukup siginifikan. Benar benar mengikuti trend masa kini. Bahkan aku sampai sekarang pun, masih menggunakan blogspot (yang digunakan dwiandikapratama.com).

Walaupun friendly, aku merasa semakin ke sini blogspot hanya untuk digunakan untuk latihan menulis atau sekedar curhatan hati saja.

Karena pasalnya sekarang blogspot, sudah menganggap link affiliate itu adalah SPAM. Bahkan terdeteksi virus. 7 bulan yang lalu aku mengalami kejadian ini. Dimana blog www.dwiandikapratama.com nggak bisa diakses.

Setelah aku telusuri ternyata ada link affiliate yang memengaruhi blog ku. Oh ya, mungkin kamu belum tau apa itu affiliate. Sepintas affilite itu bagian dari monetizing blog. Supaya kita (blogger) bisa mendapatkan penghasilan dari menjual produk.

Aku perlahan hijrah menggunakan wordpress. Walaupun aku mengenal wp terbilang baru. Akhir 2015 aku mencoba membeli domain dan hosting. Aku mencobanya langsung. Karena gaya ku kalau menginginkan sesuatu, ya coba saja dulu hehe.

Aku merasa wordpress lebih profesional ketimbang blogspot, maklum untuk pengeluarannya saja lebih besar wordpress (self-hosted) dibanding blogspot yang hanya perlu biaya domain saja.

Ada beberapa lomba blog yang aku ikuti menggunakan wordpress memang lebih powerful dan serasa miliki rumah sendiri. Karena aku nggak terikat dengan kebijakan dari google (karena blogspot adalah milik google).


Momen ingin Menjadi Professional Blogger

Aku masih ingat betul tanggal 4 september 2016. Aku diajak oleh Mas Ippho Santosa untuk makan siang bareng setelah seminar yang diadakan di Masjid Istiqlal.

Aku lupa nama seminar itu. Yang jelas saat itu diisi oleh Mas Ippho dan Mr. JOSS (warek UmarUsman).



Dengan bertemunya aku dengan mas Ippho, berarti impian ku yang direncanakan ketika masih kelas 11 MAN. Akhirnya tercapai melalui cara blogging.

Saat itu aku juga jarang sekali membuka telegram, apa lagi channelnya @ipphoright (channel mas Ippho di telegram).

Namun entah kenapa ada dorongan untuk melihat telegram dan membuka channel Mas Ippho. Benar saja ada informasi kalau beliau sedang membuka blog competition.

Aku daftar saja, toh aku punya cerita yang ingin dibagikan kepada banyak orang. Kalau melalui buku fenomenalnya, 7 Keajaiban rezeki. Allah menunjukan hidayah agar aku lebih mencintai kedua orang tua ku dan memulai untuk berdagang.

Tak hanya lomba dari mas Ippho. Aku pun mengikuti lomba dari qwords.com. Salah satu provider hosting yang sudah lama berkiprah di dunia cloud ini.

Lagi lagi tak disengaja aku ada dorongan untuk melihat spam di email ku. Aku melihat ada email dari qwords.com dengan subjek “Qwords.com Annivesary Blog Competition” (seingat ku begitu).

Karena aku merasa YAKIN untuk menjadi juara. Maka aku memutuskan untuk ikut lomba yang diselenggarakan oleh Qwords.com

Aku mengikuti kedua lomba di bulan agustus 2016. Bulan september adalah pengumumannya.

Dan MasyaaAllah. Aku mendapatkan semuanya. Padahal ini pertama kalinya aku mengikuti sebuah lomba blog.

Dari Ippho Santosa Blog Competition aku di urutan nomor 7 dari 11 kandidat pemenang. Dan di qwords.com aku pun terpilih peringkat ke 7 dari 11 pemenang.

Aku sangat bersyukur sekali. Bisa makan siang bareng mas Ippho dan mendapatkan hadiah Action Cam dari Qwords.com.

Saat itu aku nggak tau garis finish sebagai Website Desinger. Ya, aku menjalani kurang lebih 1 tahun lebih sebagai Website Designer. Aku hanya berharap kepada Allah. Bahwa dari jasa website ini kebutuhanku untuk kuliah tercukupi.

Namun sayang, aku tak tau apa yang menjadi garis finish ketika menjalani Website Designer. Aku menjalani karena fee-nya cukup lumayan untuk mencukupi kebutuhan ku sehari hari.

Allah sudah menunjukkan tanda, salah satu impian ku tercapai dan benar benar tak terduga yakni melalui blog.

Bulan September 2016 itu aku merasa Allah menjukkan tanda. Aku sudah lama nggak ikut lomba, tapi bulan september aku meraih 2x juara blog.

Akhirnya aku memutuskan untuk menjadi Professional Blogger (blogging yang bertujuan komersil). Karena momennya aku bisa makan siang dengan mas Ippho melalui blog pribadi ku.

Ya, namanya masih kuliah. Aku belum totalitas. Namun aku yakin. Aku memiiliki garis finish yang hendak aku capai.

Bergeraknya aku saat ini ya, mengarah ke garis finish yang aku inginkan. Yakni menjadi Professional Blogger yang bebas secara keuangan dan waktu.

Jadi waktu ku difokuskan untuk keluarga dan bekarya. Aku merasa bekarya tanpa terikat oleh apa pun (baca: royalti) adalah kebebasan bagi ku.

Namun dalam menjalani ini. Aku meniatkan mudah mudahan tulisan ku bermanfaat. Mampu memberikan perubahan bagi seseorang. Minimal pemikiran yang positif. Dari pemikiran yang positif dan mampu melahirkan sikap yang positif.


Blog adalah memaksimalkan Mesin kecerdasan ku

Apa itu maksud dari Mesin Kecerdasan? Istilah ini bisa kamu dapatkan ketika kamu sudah baca atau pernah mengikuti seminar STIFIn.

STIFIn adalah tes psikologi yang menggunakan finger scan alias menggunakan 10 sidik jari kita dalam mengetes apa bakat kita sesungguhnya. Hasilnya? Akurat! (buset udah kayak tes hamil aja hahaha).

Mesin kecerdasan itu adalah otak bagian mana yang paling dominan. STIFIn itu sendiri kepanjangan dari Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Insting.

STIFIn membagi menjadi lima bagian otak. Bila Sensing itu otak limbik kiri, Thinking itu otak neokorteks kiri, Intuiting itu otak neokorteks kanan, Feeling itu otak limbik kanan, dan Insting itu otak tengah. Lebih detailnya kamu boleh baca di stifin.com.

Lalu, apa stifin ku? Ya, stifn ku adalah Thinking. Yakni otak ku yang paling dominan Neokorteks Kiri. Karena bagian ini lebih sering digunakan oleh manusia untuk bepikir. Sesuai dengan namanya aku orangnya banyak berpikir menggunakan otak kiri.

Makanya apa yang aku lakukan berkaitan dengan hal hal teknis. Aku suka ngulik komputer, karena aku merasa enjoy saja gitu. Hehe.

Namun aku pun memiliki minat membaca buku psikologi, motivasi, komunikasi, dan pengembangan diri lainnya. Ketimbang baca novel. Wajar betul kalau orang Thinking bacaannya seperti itu. Karena Novel itu kebanyakan dunia khayalan. Dan aku nggak terlalu suka dengan itu. Hehe.

Antara kemampuan teknikal dan minat ku terhadap pengembangan diri. Blogging ini adalah titik temunya. Adalah aku bisa mengutak ngatik hal teknis, segala berkaitan dengan teknis blogging. Dan apa yang aku baca menjadi bahan konten yang bisa aku sampaikan di blog.

Sejauh ini aku tak pernah menyangka bisa menjalani profesi ini. Aku merasa ketika awal tahun 2017. Ada keberkahan kembali yang Allah turunkan kepada ku melalui aktivitas blogging.

Oh ya, kalau stifin itu punya konsep. Dimana seseorang bila memaksimalkan potensi yang disarankan oleh STIFIn. Maka akan menjadi SuksesMulia.

Dimana Harta, Tahta, Kata, dan Cinta-nya meningkat. Aku merasa demikian. Secara materi aku mendapat apa yang aku inginkan dari blogging tentu ini atas izin Allah swt.

Otoritas ku semakin meningkat, perkataan ku semakin didengar tentang blogging dan website. Dan aku pun mendapatkan perhatian lebih dari orang terdekat ku. Mereka lebih mengakui keberadaan ku. Bahkan aktivitas blogging ku.

Btw, aku ini Thinking Introvert lho. Dimana aku dikendalikan dari dalam. Bukan dari luar. Maksudnya? Ketika ada hal hal krusial yang mesti diputuskan. Aku lebih banyak pertimbangan ketimbang banyak bertanya dan meminta saran.

Mungkin aku akan lakukan itu, namun saran itu aku pilih mungkin persentasinya kecil. Makanya aku ini orangnya nggak mau diatur. Kecuali memang sudah job decs ku.

Aku bersyukur bertemu tes STIFIn ini. Mudah mudahan kamu yang belum tau, bisa segera tau dan memaksimalkannya.

Mungkin kamu juga ingin tes minat bakat kamu secara online. Aku sudah tes di sini. Namanya YouthManual. Silakan baca lebih detailnya di sini.


Aku yakin Allah memberikan rezeki melalui blog

Memasuki awal tahun 2017, aku mulai mengikuti lomba blog kembali. Setelah sebelumnya aku sudah kalah 2 kali.  

Aku memutuskan untuk kembali ikut. Karena aku YAKIN dengan apa yang aku ikuti bisa meraih juara. Ya, akhirnya aku mendapatkan juara 4, di Abah Digital Marketing Blog Competition.

Awalnya aku hopeless, karena nama ku nggak ada di Daftar Pemenang. Tak disangka setelah aku lihat di fanspage Abah Digital Marketing Spealist. Aku dinyatakan juara 4. Aku bersyukur kepada Allah akhirnya aku menang.

Nah, kenapa aku katakan menjadi Professional Blogger itu adalah suatu jalan untuk menjemput rezeki dariNya?

Karena di tahun ini, masyaaAllah banyak hal yang nggak aku dapatkan sebelumnya, tapi melalui blog, aku bisa dapatkan.

Pertama, tentu aku mendapatkan hadiah berupa uang tunai dari penyelenggara lomba. Kalau ayah ku mengatakan “dika kalau udah menang lebih dari sekali, berarti apa yang dika lakukan sudah menjadi profesional”.

Aku hanya mengiyakan saja, setelah semakin ke sini. Aku merasa, semakin yakin dengan apa yang aku pilh.



Kedua, aku mendapatkan apresiasi dari kampus ku. Tak pernah aku sangka dibuatkan banner penghargaan yang dipasang di tempat umum di kampus. MasyaaAllah, aku dipromosikan secara gratis.

Bagi ku, ini kebahagiaan. Dalam arti rasa syukur kepada Allah. Karena meningkatnya kesadaran warga kampus kalau aku itu seorang blogger. Wkwk.

Ketiga, aku diikut sertakan. Aku bukan merasa geer (gede rasa) atau gimana ya. Hanya saja efek aku juara 4 dan dibanner itu. Tak lama aku diikut sertakan di lomba PEKOM (pekan komunikasi) di UI.
Padahal aku masih semester 4, yang ikut mereka yang sudah mengambil konsentrasi. Karena di kampus ku, peminatan konsentrasi di semester 6.

Keempat, aku lebih percaya diri membangun media kampus. Karena aku rasa, aku memiliki modal di sini. Yakni nama baik. Setidaknya pak Rektor pun percaya kepada ku. Karena aku memilih pengalaman di dunia ini.

Kelima, aku bisa semakin dekat dengan dosen. Aku merasa bisa lebih dekat dosen karena aku memiliki presetasi. Dan kebetulan apa yang dapatkan masih berkaitan dengan jurusan ku, yakni Ilmu Komunikasi.

Keenam, aku akan direkrut oleh perusahaan EO di jakarta sebagai Digital Marketing. Karena salah satu dosen ku bekerja di sana. Aku masih nggak percaya ini.

Ketujuh, aku direkrut menjadi tim develop di bantenmu.com. Yang mahasiswa hanya aku saja. Aku masih geleng geleng saja ini. Haha. masyaaAllah.

Setelah aku mendapatkan juara 4, aku terus mengikuti lomba, meningkat juga juaranya. Juara 3, hingga akhirnya 1.

Selama 6 bulan terakhir aku berhasil meraih 4 kali juara dari 7 kompetisi yang aku ikuti. Semuanya atas izin Allah.

Bahkan aku menulis ini dengan apa yang aku dapatkan dari juara 1. Ya aku bersyukur sekali bisa mendapatkan laptop baru. Bukan apa apa, untuk berkarya kita memerlukan fasilitas yang mendukung.

Tapi Allah memberikan itu laptop ini bukan sekedar langsung memberi. Tapi Allah menginginkan hambaNya berdoa dan terus berikhtiar.


Akhir kata

Kita sudah sampai diakhir, biasanya udah pada seneng kalau udah di akhir. “akhirnya penderitaan ini berlalu” hehe.

Blog dwiandikapratama.com tetap aku aktifkan. Untuk menunjang krediblitas ku di internet dan saksi aku pertama kali mengikuti lomba.

Boleh aku bisa simpulkan, Jangan tiru hasil yang orang lain dapatkan, tapi tirulah bagaimana ia berproses. Setuju ya?

Jadilah diri mu apa adanya, diri yang yakin kepada Tuhan. Karena Tuhan telah menganugerahkan potensi. Upayakan sebaik mungkin untuk kebermanfaatkan banyak orang.

Jangan lupa mampir ke rumah baru ku di www.kadikatalk.com, walaupun belum banyak tulisannya. Boleh bookmark dulu. Wkwk.


Mudah mudahan bermanfaat. Terima kasih kamu sudah sampai sini. []

Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar