Monday, February 20, 2017

Mulai Bisnis Online Anda dengan Ant Media Host





Mulai Bisnis Online Anda dengan Ant Media Host

Sekarang sudah era nya setiap orang bisa merasakan transaksi via online. Karena memang di negara kita sudah mendukung banyak hal. Di antaranya koneksi internet, juga kemudahan untuk mendapatkan gadget yang berkualitas. Dan kemudahan mendapatkan laptop yang canggih namun tetap terjangkau.



Jaringan internet sudah ada di mana mana. Jaringan internet di indonesia sudah mencapai 4G. Cukup lumayan untuk browsing, download dan upload.

Setiap tahun pasti selalu ada tren-nya. Mungkin Anda juga ingat zaman-nya batu akik, ketika awal januari 2015. Dan ada peristiwa “Om telolet om” pada akhir tahun 2016.

Namun, tren bisnis online dari tahun ke tahun semakin meningkat. Ya salah satu alasannya karena orang pastinya menginginkan penghasilkan tambahan. Saya yakin Anda setuju soal ini.

Bahkan guru kami mengatakan “Bisnis online bukan tren, tapi masa depan”.

Sekarang itu anak muda terbagi menjadi dua golongan. Konsumtif dan produktif. Ada yang sibuk belanja dari olshop. Ada juga yang fokus bagaimana cara meningkatkan omzet dan  profit penjualan. Tinggal Anda pilih. Konsumtif atau produktif?


Menurut data yang didapatkan dari sumber APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Pada tahun 2016 mensurvey pengguna internet yang ada di indonesia. Ternyata yang pernah melakukan transaksi di online mencapai 63,5% alias 84,2 juta orang. Angka yang FANTASTIS!


Bahkan guru kami pun mengatakan lagi “Apa pun yang di jual di indonesia pasti bakal laku”. Bener kan? Hehe.


Peluang Bisnis Online

Kalau Anda saat ini hanya bisa menjadi penonton alias hanya gigit jari. Ya, Anda tidak bisa merasakan betapa nikmatnya transaksi di dunia online.

Kalau kata Mas Ippho “zaman sudah berbeda, mencari uang pun sekarang berbeda”. Saya mengiyakan pernyataan tersebut. Karena Saya saat ini masih kuliah dan Allah cukupkan rezeki Saya melalui dunia online.

Ada hasil survey APJII lagi nih, ternyata pengguna facebook di indonesia itu mencapai 54% alias 71,6 juta pengguna. (Anda bisa lihat gambar di bawah ini). Betapa berpotensi nya kalau kita menjual barang atau jasa di facebook (salah satunya).


ada 3 macam usaha yang bisa Saya share kepada Anda.

Pertama, Reseller. Tidak ada apa apa memulai usaha dari reseller online. Karena semua para pebisnis online awalnya dari menjual produk orang lain.

Setelah mereka memiliki pasar(maksudnya market share). Karena yang paling penting adalah bisa menguasai pasarnya. Dan akhirnaya mereka membangun brand sendiri.

Atau Anda yang memiliki modal lebih untuk memulai usaha, Anda bisa gunakan teknik pemasaran ini. Yakni Anda merekrut reseller. Untuk menjual barang atau jasa Anda.

Anda bina dengan memberikan edukasi mengenai barang atau jasa Anda. Ajarkan terus agar mereka paham sampai dengan yakin. Kalau produk Anda itu layak digunakan oleh banyak orang.

Kedua, Dropship. Sebenarnya agak persis dengan reseller. Hanya saja dropship ini bisa white label. Dropship artinya  kita bisa menjual barang orang lain tanpa harus membelinya dahulu, namun bisa kita jual langsung menggunakan nama brand kita atau nama toko kita.

Kebanyakan dropship itu lebih ke produk fisik bukan produk digital. Ada banyak orang yang membuka reseller dan dropship. Jadi bukan lagi alasan untuk bisa menghasilkan transaksi online. Hehe.

Ketiga, Affiliate. Ini adalah sistem pemasaran yang saya sukai. Karena kita hanya membawa traffic (pengunjung) dari media sosial atau search engine lalu kita berikan link yang kita sudah ambil di web vendor (biasanya selalu disedikan di web penyedia affilaite).

Karena sistem pemasaran ini cukup unik. Dimana kita hanya mendaftarkan diri, lalu mengcopy link refferal yang telah dibuatkan oleh penyedia affiliate(sebutan di dunia internet marketing itu namanya VENDOR).

Lalu ajak orang lain untuk mengklik link yang sudah Anda dapatkan. Kalau orang lain berkunjung dan membeli produk yang Anda tawarkan, maka Anda akan mendapatkan komisi yang sudah disepaki sebelumnya. 


Punya Website itu penting.

Jangan lupakan website. Karena sekarang ini orang serba googling dalam mencari informasi. Kalau barang atau jasa Anda tidak terindex di google.

Ya barang atau jasa Anda kemungkinan kecil pembelinya. Mungkin sebagian orang bertanya tanya kenapa sih harus punya website? Dan kenapa website itu penting?.

Saya barusan jelaskan. Supaya orang bisa menemukan barang atau jasa kita di internet. Salah satunya kita harus memiliki website. Agar bisnis kita ‘terindex’ di google. Nah, kalau ada transaksi dari internet. Barulah disebut Bisnis Online. Mantap kan?.

Website itu terdiri dari domain dan hosting, di dalamnya ada database yang menunjang website tersebut. Salah satu database yang paling populer adalah jenis CMS (Content Management System). Dan yang paling sering digunakan oleh banyak orang adalah WORDPRESS.

Sekarang ini tidak perlu mengeluarkan jutaan rupiah untuk membuat website. Cukup membeli domain, hosting, dan themes. Sudah bisa membuat website sendiri.

Karena sekarang banyak developer themes Wordpress menyediakan tutorialnya juga lho. Tapi kalau tetap tidak mau ribet, ya Anda mesti merogoh kocek lebih dalam untuk membuat website menggunakan jasa orang lain.

Saya pribadi menggunakan wordpress untuk niche blog dan landing page bisnis Saya. Karena kalau kita menggunakan hosting dan domain pribadi. Kita seperti mempunyai kuasa sepenuhnya.

Mungkin Anda sedikit mengerutkan dahi, “emang berapa duit sih budget buat domain dan hosting ?”. sebelum Anda memutuskan untuk langsung beli. Anda bisa lihat daftar harga dari provider antmediahost. Yang Saya pikir cocok untuk Anda yang masih pemula.

Ant media host memiliki banyak layanan. Namun, yang Saya rekomendasikan untuk Anda yakni paket Hosting Linux Premium. Anda bisa lihat gambar di bawah ini. Untuk rincian harganya.


Domain itu harganya sekitar 135rban. Kalau beli paket yang 300rban. Sebenarnya sudah menghemat biaya anggaran Anda.

Mungkin Anda masih bertanya tanya, kenapa harus mengeluarkan uang ratusan ribu untuk menyewa hosting dan domain. Saya akan mencoba menjawabnya ya.

Karena Memiliki Website adalah Kunci Meningkatkan Kepercayaan Publik.

“Maksud bagaimana itu?”. Saya mengilustrasikan Website itu ibarat Kantor. Hanya saja website itu berbentuk Virtual.

Sekarang kalau Anda ingin pergi ke sebuah perusahaan atau sebuah toko. Kalau pemiliknya saja tidak ingin menunjukkan alamatnya. Bisa jadi ada indikasi penipuan.

Tidak mungkin juga dong? Hanya pasang plang di depan rumah “Perusahaan Laundry terbesar No. 2 Se Indonesia”. Kan lucu dan orang lain merasa aneh kalau mengclaim demikian.

Begitu juga website atau toko online (ini hanya salah satu jenis dari website). Bagaimana orang lain bisa percaya kepada produk kita. Sedangkan kita sendiri, tidak menata kantor atau toko virtual kita secara profesional.

Domain itu ibarat alamatnya. Hosting itu ibarat kavlingnya. Dan database adalah jenis bangunannya.
Oh ya, satu hal. Bagaimana orang lain BISA percaya, kalau ternyata produk Anda tidak terindex di google. Karena sekarang sudah zamannya googling lho. Jangan sampai produk mu tidak terindex di google.

Kenapa harus percaya? Karena Kepercayaan adalah kunci penjualan (30 Hari Jago Jualan). Bagaimana orang bisa langsung membeli produk Anda. Kalau mereka saja tidak percaya dengan bisnis Anda.

Dan bagaimana orang lain bisa percaya, kalau Anda sendiri tidak percaya dan meyakini bahwa produk Anda layak dibeli banyak orang. Saya yakin Anda sudah semakin paham, kenapa website itu dibutuhkan. Anda boleh langsung order hostingnya.

Anda juga bisa lihat berbagai macam layanan dari Ant Media Host ^_^





Jangan lupakan Traffic.

Setelah Anda membuat website yang profesional dan siap diluncurkan. Maka jangan lupakan yang namanya Traffic (orang yang berkunjung).

Karena traffic adalah jantungnya bisnis online (Bisnis Online Milyaran). Sebagus apa pun desain websitenya, sebagus apa pun penawaran yang Anda sajikan di website tersebut. Tanpa orang yang berkunjung. Maka tidak akan ada penjualan.

Untuk Anda yang pemula. Jangan khawatir, karena traffic belum terlalu banyak. Website Anda masih bisa menampungnya.


Namun kalau sudah banyak orang yang mengujunginya dan bisnis Anda juga pemasukannya besar. Maka gunakanlah Dedicated Server Murah dari Ant Media Host.

 dedicated server murah ant media host

Saya sebelum mengatakan murah, Saya survey ke beberapa provider di penyedia hosting khususnya di indonesia.

Apa sih dedicated server itu. dedicated server adalah layanan hosting yang dikelola di mana klien menyewa seluruh server dan tidak dibagi dengan siapa pun. Hal ini lebih fleksibel daripada shared hosting, sebagai client memiliki kontrol penuh atas server, termasuk pilihan operasi, perangkat keras sistem, dll. (https://member.iixmedia.com/knowledgebase/24/Apa-itu-Dedicated-Hosting-.html)

Kalau hosting yang sebelumnya itu namanya shared hosting. Ibarat apartemen saja. Satu gedung tapi banyak pintu. Satu perangkat, tapi banyak yang menggunakan.

Makanya shared hosting cocok untuk Anda yang masih pemula. Kalau bisnisnya sudah menyentuh ratusan juta bahkan milyaran. Dan memang sudah full online. Baiknya sih menggunakan dedicated server.

Jadi kita seperti punya rumah sendiri. Kita bisa membangun jenis website apa saja. Memang budget pun agak lumayan. Tapi saya pikir itu cukup murah kalau dibandingkan dengan omzet penjualan Anda.

Anda bisa lihat gambar ini.




Sudah sampai kesimpulan nih ...

Jadi kesimpulannya. Kalau kita ingin mengawali bisnis online. Sebaiknya kita langsung membuat website. Karena dengan demikian kita akan lebih mudah membangun kepercayaan bisnis kita di hadapan publik.

Karena bisnis online itu membutuhkan REPUTASI yang BAIK dan KEPERCAYAAN yang TINGGI terhadap kita. So, segera tentukan nama domainya dan pilih paketnya. Jadi revolusikan bisnis online Anda.[]


Artikel Terkait

adalah Seorang Blogger sejak 2012 dan juga Internet Marketers. Sekaligus Ia juga seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang. Anda bisa jumpai di akun facebooknya. ^_^