Digital Marketing itu PENTING

Sumber: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/61/4a/fd/614afd53887ad2d35f3448779cbc28c3.jpg

Digital Marketing itu PENTING!

Di era informasi seperti sekarang ini, informasi sudah semakin tumpah ruah, dari yang aktual sampai yang hoax pun bertebaran di dunia internet. Tinggal bagaimana kita menggunakan informasi itu untuk mendukung segala aktivitas kita sehari hari, entah itu jualan di internet, blogging, atau digital marketing.


Ngomong ngomong Anda pernah mendengar digital marketing itu ngapain aja? Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah melakukannya, ada juga yang tanpa sadar sudah melakukannya. Nah, di sini Saya akan sharing tentang pengalaman saya dalam digital Marketing.


Optimasi Fanspage

Saya seorang blogger dan Saya ingin orang lain pun bisa mengenal Saya, mengenal blog Saya, bukan semata mata ingin dikenal. Melainkan agar manfaat Saya bisa dirasakan oleh banyak orang.

Saya membuat fanspage dwiandikapratama.com (sesuai dengan nama domainnya), Saya berani mengiklankan fanspage itu dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness (sebentar lagi kita bahas ya).

Saat itu Saya mengiklankan sebuah video tentang kasih sayang seorang Ayah kepada anaknya. Walaupun ayahnya tunawicara, ayahnya selalu ingin mencintai anaknya sepenuh hati. Bahkan pada endingnya, sang Ayah rela mendonorkan darah untuk anaknya. Padahal itu berpotensi menghilangkan nyawanya.

Walaupun anaknya sendiri malu memiliki ayah seperti itu, tapi ayahnya selalu mencintai hingga pada akhirnya anak itu sadar, telah menyianyiakan ayahnya.

Apa hubungannya dengan dwiandikapratama.com? sederhananya, agar orang lain tau ketika berkunjung ke blog Saya, agar orang lain tau bahwa blog ini membahas motivasi, inspirasi, dsb.


Anda bisa lihat gambar di bawah ini. Ini adalah bukti Saya melakukan Digital Marketing untuk Blog Saya dengan menggunakan fanspage (facebook).

Sumber Doc. Pribadi

Jadi, ketika orang lain tidak sengaja berkunjung ke blog dwiandikapratama.com yang sebelumnya menonton video tersebut. Akan semakin familiarlah blog Saya di benaknya.

Karena semakin familiar kita di mata orang lain, semakin mudah juga kita menjalin interaksi. Kalau Anda pelaku online marketing, semakin banyak interaksi maka bisa berujung ke transaksi.

Tapi keinginan Saya adalah VIRAL (Menyebar), Karena Saya ingin membangun brand awareness blog Saya. Ngomong ngomong brand awareness itu apa ya? Kalau menurut pemahaman Saya brand awareness itu upaya memperkenalkan produk kita kepada banyak orang dengan citra tertentu (misal ingin dikenal sebagai pelopor perubahan atau produk yang paling unik, atau dsb).

Ada pun definisi lain dari, Brand Awareness adalah kemampuan pembeli potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa sebuah merk merupakan anggota dari kategori produk tertentu. (sumber: rajapresentasi.com/2009/04/brand-awareness-dan-top-of-mind/).

Produk Saya adalah blog saya pribadi. Jadi sederhananya, brand awareness itu membuat orang yang belum tau jadi tau dengan keberadaan produk kita.

Ini sangat bagus sekali bagi Anda yang memiliki produk penetrasi alias produk yang punya keunikan tersendiri atau sedikit competitornya.

Sesuatu yang unik akan teringat sangat cepat lho. Jadi pikirkan apa keunikan atau diferensiasinya. Anda boleh menggunakan Jasa Social Media Marketing Jakarta atau Anda bisa search di Google ABAH Digital Marketing Specialist.

Namanya juga brand awareness, tidak akan langsung ada penjualan (kalau Anda berjualan) dan tidak langsung besar traffic yang datang ke blog atau website Anda. Karena tujuannya membuat orang lain sadar dengan kehadiran produk Anda.

Karena dalam dunia online ada 3 tahapan kenapa orang lain mau membeli produk kita.
Pertama, tahu. Seyogyanya kalau kita beli sesuatu karena sebelumnya kita tau dong? Tidak mungkin kita tau tau beli saja? Tidak kan? Di sinilah peran brand awareness terjadi. Kalau kita tidak melakukan brand awareness dari sekarang bagaimana orang lain bisa menemukan dan mau menggunakan produk atau jasa kita?

Kalau dalam istilah internet marketing bisa dikatakan Traffic Cold. Dimana orang orang yang berkunjung ke suatu halaman, orang yang baru pertama kali berkunjung. Jadi orang ini tergolong orang yang baru.

Kedua, paham. Kalau orang semakin melihat iklan kita dan berisi edukasi alias manfaat yang didapatkan ketika menggunakan produk atau jasa kita. Maka orang ini berubah menjadi dari tahu ke paham. Karena semakin sering melihat produk atau jasa yang Anda iklankan.

Menjadi timbul rasa ingin mencobanya, ingin merasakan sensasi pertama kalinya. “bagaimana sih kalau pake itu?”. Pernah bertanya gitu kan ke diri sendiri? :D

Maka orang lain pun merasa produk dan jasa kita dapat dipercaya. Tinggal menunggu waktunya saja kapan mereka memakai produk atau jasa Anda.

Kalau dalam internet marketing namanya Traffic Warm. Alias orang ini sudah sadar sekali dengan kehadiran produk atau jasa Anda. Jadi ada kemungkinan besar orang itu akan beli.

Ketiga, loyal. Dari tahu ke paham, maka orang lain pun akan loyal dengan produk atau jasa Anda. Di sini akan terjadi kemungkinan menjadi pelanggan tetap. Bukan sekedar buyer atau membeli. Kalau Anda melakukan service excellent, produknya memuaskan, dsb. Orang pun akan semakin loyal kepada Anda.

Bila di internet marketing ini namanya adalah Traffic Hot. Dimana orang sudah tau dan paham dengan produk atau jasa Anda dan sudah menggunakan produk atau jasa Anda.

Jadi mulailah saat ini juga membangun brand awareness. Nah, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Ya, Anda bisa menggunakan Agency, Anda bisa ke Digital Marketing Jakarta. Selain profesional. Juga akan lebih maksimal.


Optimasi Blog dengan LeadMagnet

Kalau tadi Saya menyampaikan pengalaman Saya beriklan di facebook dan menggunakan budget untuk bisa mendatangkan traffic (pengunjung) ke blog Saya. Maka sekarang Saya akan membagikan cara agar orang lain mau datang ke blog kita bahkan memberikan database nya dengan suka rela.

Anda pernah mendengar leadmagnet? Kalau belum, Saya akan paparkan secara singkat apa itu leadmagnet. Sederhananya memancing database (apa pun itu email, no hp, dsb) dengan sesuatu yang gratis.

Mungkin Anda sendiri pernah mengisi form Nama dan Email atau bahkan ada form No. Hp nya. Itulah yang dinamakan leadmagnet. Agar orang lain suka rela memberikan databasenya kepada kita.

Entah itu berupa gratis ebook, voucher diskon, video tutorial, atau apa pun itu. Yang jelas produknya DIGITAL, yang tidak memerlukan distribusi logistik untuk mengantarnya. Cukup buka email saja.

Yang saya lakukan adalah memberikan video tutorial bagiamana cara membuat landingpage dari blogger.com (halaman landas, yang biasa digunakan para internet marketer. Biasanya berisi satu penawaran saja), karena memang saat itu landingpage cukup booming, berbagai tools pun ditawarkan. Nah, Saya menawarkan solusi yang GRATIS.

Ketika orang lain mau dengan video tutorial Saya, saya arah kan ke link static page atau landing page di blog saya, dimana di sana sudah Saya siapkan optin untuk menangkap database mereka. 



Juga autoresponder (Aplikasi email marketing untuk membalas email secara otomatis) yang sudah terintegrasi dengan optin itu, jadi kalau mereka mengisi nama dan email, ya sistem yang akan mengirimi mereka video tutorialnya.

Jangan asal kasih! Saya sarankan apa yang Anda berikan jangan asal kasih, karena kalau Anda saja asal asalan, tidak memiliki value, ya kurang berkesan juga buat mereka, yang pada akhirnya tidak ada ikatan emosional.

Terus kenapa membangun list email itu penting? Tadi kan kita sudah belajar macam macam traffic. Dan traffic terbagi menjadi 3, Cold, Warm, dan Hot. Nah, faktanya ada traffic yang terkendali dan tidak terkendali.

Terkendali ya salah satunya yaitu email. Karena email adalah faktor utama untuk bisa menggunakan sosial media, gadget (android atau apple), dsb. Kalau sudah dikendalikan maka biaya untuk iklan (untuk mendatangkan traffic) tidak perlu keluar banyak.

Biarlah traffic diluar sana banyak, tapi kalau kita tidak bisa mengendalikannya, ya buat apa? Sayang dong iklan terus tapi tetep di zona cold. Maka dari itu email juga bisa membuat orang yang tadinya cold jadi warm. Alias yang sekedar tau menjadi paham.

Dengan menggunakan email marketing kita bisa mengendalikan traffic. Kita bisa fokus terhadap apa yang akan kita edukasi. Mengenai manfaat produk kita.

Kalau traffic tidak terkendali ya salah satunya facebook. Banyak, tapi kita tidak bisa kendalikan karena bisa jadi hari ini orang itu lihat iklan kita, bisa juga besoknya tidak lihat iklan kita. Paham ya?
Juga kita tidak bisa memberikan interupsi alias notifikasi kepada mereka. Ya, sama saja bohong kalau kita memberikan informasi baru. Mereka sendiri tidak tau. Ini rugilah kalau masih di traffic tidak terkendali.


Optimasi Konten dan Menanam Pixel

Saya juga melakukan optimasi di konten. Agar bisa disukai oleh para pengunjung. Supaya orang terus mau berkunjung ke blog Saya. Saya update dengan konten yang diinginkan oleh para pembaca. Karena kebanyakan pembaca Saya dari facebook.

Karena saya sering sekali membangun interaksi di sana. Tujuanya agar traffic nya tinggi dan tertarget. Karena Saya juga seorang internet marketer lebih tepatnya Affiliate Marketer yang menjual berbagi macam tool dan courses untuk pemula.

Maka yang Saya tulis adalah pengalaman dan kesalahan Saya dalam melakukan internet marketing. Maka sebelum Saya memposting tulian, Saya sering menulis status “Saya sedang menulis artikel Apa Saja yang penting dari Bisnis Online. Ada yang mau menyimak?”.

Dengan begitu Saya bisa membawa traffic 100 lebih dalam sehari. Dibalik itu pun saya memasang pixel facebok di blog saya. Tujuannya agar nanti Saya beriklan tertarget. Karena orang orang yang masuk ke blog saya adalah traffic warm. Alias sudah tau, sudah teredukasi, sudah kenal dengan Saya.

Pixel berfungsi melacak siapa saja yang pernah berkunjung ke blog saya. Ketika iklan yang dibidik adalah mereka yang yang berkunjung. Maka iklan akan dimunculkan kepada orang orang yang sudah berkunjung dan mereka sudah teredukasi. Dan bisa jadi langsung closing. :D

Jadi ini lah yang digunakan para marketplace rakasasa, yaitu re targeting. Gunakannya untuk meningkatkan sales. Tentu yang diuntungkan adalah penjual yang menjajakan barangnya di marketplace tersebut.

Jangan heran kalau Anda sendiri terus dibayang bayangi produk yang sebelumnya Anda lihat lihat di marketplace tersebut.

Begitu juga pixel yang saya optimalkan, jadi bisa langsung membidik orang orang yang sesuai target market.


Gunakan Marketplace Untuk Data Ungkit

Ketika Saya membuat sebuah panduan blogging dalam bentuk video. Saya menggunakan marketplace untuk memasarkan produk digital saya. Ya bisa disebut Online Courses.

Saya membuat panduan blogger.com secara lengkap. Jadi ketika Saya ingin memasarkan produk tersebut, tapi terkendala list Saya yang masih belum banyak. Maka marketplace adalah solusinya.

Ini bukan marketplace yang menjual segala produk ya. Tapi ini marketplace yang memang berfokus ke penjualan produk digital.

Penghasilan dari produk digital itu cukup lumayan bagi Saya. Karena Saya masih kuliah, ya cukup untuk biaya sehari hari. Hehe.

Oh yah, biayanya gratis. Karena di sana sistem bagi hasil. Jadi saya untung, penyedianya pun untung. Sama sama untunglah. Hehe.

Jadi sekarang bukanlah hambatan untuk Anda, untuk segera memulai digital marketing. Sekali lagi kalau Anda memang ingin bisnis Anda maksimal, ya lakukanlah digital marketing.

Kalau memang belum punya budget lakukanlah sebisa Anda. Anda belajar, lalu langsung dipraktekkan. Kalau memang bisnis Anda cashflow nya sudah besar, ya baiknya degelasikan ke Digital Marketing Jakarta.

Karena itu jauh lebih baik untuk perkembangan bisnis Anda.

Namun dibalik itu semua pasti ada kendala dalam melakukan digital marketing. Bohong rasanya kalau melakukan sesuatu yang baru tapi tak ada kendala.

Maka dari itu Saya ingin sampaikan kendala kendala apa saja yang Saya alami saat menjalani digital marketing.


Kurang Ilmu

Ketika Saya beriklan di facebook, saat itu Saya memiliki ilmu yang minim. Saya sendiri menyarankan kepada Anda untuk bisa belajar facebook Ads. Kalau memang Anda tidak ingin pusing, Anda boleh pakai jasa Digital Agency Jakarta.

Karena bila menggunakan jasa profesional hasilnya jauh lebih maksimal. Memang rogoh kocek sedikit lebih besar dari biasa yang Anda keluarkan, Namun Anda bisa langsung fokus kepada keinginan brand apa yang Anda akan bangun di dunia digital.


Tidak ada Mentor

Meskipun sudah menggunakan Digital Agency Jakarta atau Anda lakukan sendiri. Bagaimana pun kehadiran seorang mentor sangatlah penting. Mentor adalah orang yang sudah melewati tahapan yang saat ini kita lakukan.

Jadi kalau Anda ingin apa yang direncanakan bisa tercapai tepat pada waktunya. Ya, Anda harus memiliki mentor. Mentor itu tidak harus yang WAH, yang paling penting mentor tersebut pernah di posisi Anda. Karena hal mudah bagi mentor untuk bisa memonitori akivitas Anda.


Terlalu Lama

Ketika Saya belajar list building. Terlalu lama rasanya Saya untuk mendapatkan list 500 email pertama Saya. Saya belajar bulan Agustus, tapi untuk mendapatkan list segitu pada akhir oktober. Dan bisa merasakan hasil dari list itu, pertengahan november.

Saya memonetize list tersebut. Dengan berjualan yang berhubungan dengan apa yang sudah Saya berikan umpan. Misalnya umpan Saya tutorial landingpage (nihce IM) tentu kalau Saya jualan tentang IM pun. insyaaAllah mereka akan beli kalau memang memungkinkan.

Maksudnya, mereka butuh, juga ada budget. Mungkin kalau Anda dimonitori oleh mentor, untuk mendapatkan list sekian cukup mudah dan cepat.


Bergabunglah Di Komunitas

Mustahil rasanya kalau kita melakukan semuanya sendiri. Ada kalanya kita pasti ingin bertanya, karena mentor tak selalu hadir untuk kita. Karena dia pun memiliki kesibukan tersendiri.

Saat itu Saya belum ikut komunitas komunitas bisnis. Sekarang Saya mengikuti lebih dari 1, sebagai relasi. Agar bisa bertanya kepada mereka ketika Saya mengalami kebuntuan dalam beraksi.

Jadi kalau Anda saat ini suka mentok, segera cari komunitas yang satu minat dengan Anda. Agar bisa membantu pekerjaan Anda. Juga membuat Anda lebih semangat.

Jadi kesimpulannya, Digital Marketing itu PENTING untuk menunjang BISNIS Anda. Juga ikut dalam perkembangan dunia teknologi saat ini. Dan juga mengefisiensikan biaya promosi Anda.

Karena tak jarang, biaya promosi offline kurang begitu segmented dalam membidik target pasar, tapi budgetnya cukup lumayan. Akhirnya kata, Baik Anda atau pun menggunakan Jasa Agency, itu jauh lebih baik. Karena Anda melakukannya. Bukan sekedar WACANA!

Belajar terus, praktek terus. Sekian. []

Alhamdulillah tulisan meraih juara 4 Nasional. terima sobat atas kunjungannya. ^_^
-> http://blogcompetition.abah.co.id/#daftar-pemenang

Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »