Mulai Belajar Menulis dari Blog



Mulai Belajar Menulis dari Blog

Menulis adalah aktivitas yang menyenangkan bagi segelintir orang. Karena menulis bisa menghilangkan rasa nggak nyaman dalam diri. Karena dengan menulis segala kegundahan bisa hilang. Bahkan Saya pribadi kalau merasa down atau merasa stres, Saya lebih memilih untuk menulis, karena dengan menulis kita mengeluarkan segala kekalutan dalam pikiran.

Memulainya dan Konsistensi adalah cara untuk bisa meningkatkan kemampuan menulis. Karena ketika Anda sudah memulai menulis, tentu ini baik. Karena Anda melewati tahap pertama. Karena kebanyakan penulis pemula, nggak mudah dalam memulai untuk menulis.

Bila Anda sudah semakin sering menulis, itu artinya Anda mulai konsisten menulis. Apa pun yang Anda tulis, itu akan sangat memengaruhi kemahiran Anda dalam menulis. Jangan berharap langsung bisa enak dibaca dan cepat mengetik dalam menuangkan isi pikiran Anda dalam bentuk tulisan.

Kalau Anda belum melewati masa Anda konsisten dalam menulis. Karena semakin sering Anda menulis, justru itu melatih kekuatan menulis Anda. Ibarat pisau bila terus diasah akan semakin tajam. Untuk bisa lancar menulis juga Anda perlu banyak membaca buku, karena setiap kata yang Anda baca tentu itu menjadi sebuah peluru untuk Anda tuangkan dalam bentuk tulisan.


Mulai Menulis dari Blog

Web Log, itu kepanjangan dari Blog. Web yang berisikan tulisan yang memiliki makna, entah itu curhatan harian seseorang, atau puisi yang menggambarkan perasaannya atau sebuah karya tulis yang mengagumkan. Yang jelas setiap tulisan yang Anda upload ke blog. Itu bisa jadikan konten untuk blog Anda.

Ketika Saya belum bisa menulis sampai bisa menulis. Blog Anda sarana Saya untuk bisa mengekspresikan tulisan. Karena dengan menggunakan blog tulisan kita bisa dibaca oleh banyak orang. Entah itu tentang kehidupan yang dibumbui Motivasi. Atau sekedar curhatan sehari hari yang dilihat dari sisi Inspirasi.

Ketika Anda mengupload (unggah) tulisan Anda ke blog Anda. Lalu ada yang membaca tulisan Anda. Saya yakin Anda akan merasa yakin dan ‘nagih’ untuk terus menulis lagi. Apalagi jenis tulisan itu Anda sangat sukai. Anda menuliskannya dengan enjoy, penuh rasa senang, dan bahagia ketika menjalaninya. Efek positifnya tulisan Anda yang diunggah ke blog, akan mendapatkan feedback. Dan itu baik sekali untuk bisa mengetahui kualitas sebuah tulisan Anda.


Tentukan Tujuanmu

Apa pun yang Anda jalani bila memiliki tujuan jelas, maka akan lebih mudah untuk bisa mencapainya. Semakin Anda memahami apa tujuan Anda. Maka akan semakin semangat Anda dalam blogging.

Misal Anda miliki tujuan untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Nah, Anda akan semangat mencari referensi blog blog yang lainnya yang sudah menghasilkan uang dari internet. Namun dalam pembahasan kali ini. Tujuan blogging kita adalah Meningkatkan Kemampuan Menulis.

Karena bila Anda sudah terbiasa menulis, akan lebih mudah dalam menulis apa pun. Karena otak Anda sudah menerima respon dan terbiasa untuk menulis dan menuangkan segala ide dalam bentuk tulisan. Kalau Anda sudah mahir menulis, maka uang pun bisa mengikuti dengan sendirinya.

Dengan Anda mahir menulis tentu akan menjadi peluang bagi Anda sendiri. Ada beberapa peluang yang sampaikan disini, yang bisa menguatkan tujuan Anda dalam meningkatakan kemampuan dalam menulis. 

Pertama, Anda bisa membuka jasa menulis artikel. Kebanyakan dari mereka yang memiliki modal untuk membangun blog atau website untuk komersil, mereka akan membayar orang untuk menulis artikel.

Kedua, blog Anda sendiri bisa mendatangkan pundi pundi uang. Ya, karena semakin banyak konten yang Anda tulis di blog. Mesin pencari seperti Google akan mengindex blog Anda. Bila sudah memenuhi kriteria Google. Maka blog Anda bisa dipasang iklan, atau bisa kita sebut Google Adsense.

Ketiga, Anda bisa menulis buku. Ya, Saya pribadi sudah membuktikannya. Sering menulis blog, Saya akhirnya menulis buku lalu menerbitkannya secara Indie.

Keempat, Anda juga bisa menjadi seorang Penulis Bayangan atau biasa yang sebut Ghost Writer. Anda menuliskan buku, tapi nama Anda nggak tercantum di buku tersebut. Perbedaan dengan Penulis Konvesional. Salah satunya ada di royalti, Ghost Writer itu royaltinya sekali tapi sekali mendapatkan jumlah yang besar. Penulis Konvensional pun berpontesi menghasilkan royalti yang besar, namun perlu effort yang besar dalam mempromosikan bukunya.

Namun, ingat! bahwa royalti itu Anda dapatkan dari tulisan Anda yang bagus dan berkualitas. Jadi royalti itu hanya efek samping dari tulisan kita yang bagus dan berkualitas.


Apa Langkah Selanjutnya?

Setelah Anda tahu bahwa belajar menulis itu mudah melalui blog. Juga Anda mendapatkan keuntungan bila Anda sudah memiliki kemampuan menulis. Baik inilah saran dari Saya

Saran Pertama, silakan pelajari bagaimana cara membuat blog yang profesional. Tak dapat dipungkiri bahwa tampilan blog juga memengaruhi psikologi para pembaca apalagi yang baru pertama kali mampir di blog Anda. Anda bisa belajar di bloggermastery.com

Saran Kedua, mulailah sesegera mungkin. Kalau Anda menunda untuk menulis apa yang ada di pikiran Anda, Anda akan kehilangan kesempatan. Walaupun kesempatan bisa datang dua kali. Untuk Ide bila tak segera dieksekusi keburu basi. hehe.


Saran Ketiga, ikutlah komunitas. Karena dengan berkomunitas ketika Anda sudah kehabisan ide untuk menulis konten, Anda bisa temukan di komunitas tersebut. Karena Anda bisa berdiskusi dengan anggota yang lainnya meminta saran dari Coach. Namun jangan khawatir, dalam waktu dekat ini. Saya bersama Kaka akan membangun komunitas Blogging untuk Anda. Agar kemampuan menulis Anda meningkat hanya dengan belajar menulis di blog.[]


Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »