Time Management is Bullshit



Time Management is Bullshit

Terdengar menantang ya? Karena yang selama ini kita pahami dan jalani adalah Memanaje Waktu, agar kita bisa meningkatkan produktivitas. Namun, ada satu hal yang kita lupakan ketika berupaya memanaje waktu. Yakni memanaje ENERGI.

Saya sadar ketika Saya masih SMA saat itu. Saya sering kali menunda pekerjaan dan semuanya diatur kapan waktu pengerjaannya. Namun, ketika sudah pada waktunya, Saya nggak mengerjakan yang sudah Saya rencana. Tanya kenapa?





Ini soal FOKUS

Begini. Ketika kita mengawali aktivitas di pagi hari, terkadang ada beberapa list yang kita targetkan untuk diselesaikan. Kita sudah merencanakan waktu waktunya. Namun tetap saja kita kewalahan untuk mengerjakan apa yang sudah dibuat dalam bentuk list dan penjadwalan.

“Bila Anda mengejar dua kelinci, Anda tidak mengejar satu pun”. Entah siapa yang mengatakan itu. Namun, makna ini sangat bisa dijadikan acuan untuk mengerjakan apa yang sudah kita rencanakan. Ya, apa lagi kalau bukan fokus. Walaupun Anda memiliki banyak fokus. Ya Anda harus fokus kepada 1 hal yang menjadi prioritas.

Sebagai contoh. Misalnya Saya pada hari itu harus presentasi, mengerjakan tugas, membuat sales page, mereview sebuah produk (aktivitas yang dilakukan oleh seorang interner marketers). Kalau nggak mendahulukan prioritas, maka energi Saya akan habis dengan persoalan yang spele. yang sebenarnya bisa dipikirkan setelah mengerjakan list yang pertama. Kalau bahasa Stephen Covey “First Things Fisrt” atau “dahulukan yang utama”.

Jadi Anda harus fokus terhadap 1 list yang akan Anda kerjakan hari itu juga. List yang lain biarkan saja Anda menulisnya saja. Tanpa perlu Anda pikirkan untuk mengerjakannya. Nah, kalau Anda sudah mengerjakan list yang pertama. Anda bisa mengerjakan list yang selanjutnya. Dan fokus untuk menyelesaikannya.


Energi Kita Terbatas

Energi atau Willpower atau kekuatan berkehendak kita sangatlah terbatas. Misal Anda seharian merasa jengkel karena mobil Anda diserempet oleh orang lain atau jadwal KRL terlambat. Kalau Anda nggak fokus terhadap list yang akan Anda kerjakan. Willpower Anda akan tergerus banyak bahkan bisa habis kalau Anda nggak mensiasati kondisi tersebut.

Jadi menurut hemat Saya. Time managing itu bullshit. Karena sebanyak apa pun waktu kita. Kalau kita banyak fokusnya. Dan kalau Energi kita habis untuk mengerjerkan list list yang sudah kita buat. Ya, sama saja. Nggak akan selesai.

Terkadang Willpower kita habis hanya memikirkan list selanjutnya. Padahal saat itu kita sedang mengerjakan list yang sudah kita tetapkan sebelumnya.

Jadi ada baiknya Anda memanaje energi atau willpower Anda untuk bisa memaksimalkan apa yang Anda kerjakan saat itu juga. Karena mengerjakan 1 list itu lebih baik, dibanding mengerjakan 2 list sekaligus.


Berikan Jeda

Setelah kita mengerjakan apa yang sudah kita kerjakan. Saatnya Anda berikan jeda untuk bisa mengembalikan energi Anda. Karena energi kita bisa dipulihkan kembali. Namun, bila sudah sangat lelah. Artinya tubuh Anda menginginkan istirahat dan Anda bisa lanjutkan apa yang Anda kerjakan sebelumnya.

Semoga apa yang Saya sampaikan, Anda bisa mengambilkan hikmahnya. Sekian.[]


Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »