Kenapa Harus Belajar List Building?


Kenapa Harus Belajar List Building?


Apa itu list Building?

List artinya Daftar. Building artinya membangun. Bila diartikan secara harfiah, artinya membangun daftar. Kita membangun list calon pembeli kita. Kenapa sih harus dibangun? Begini sebelum Anda memutuskan untuk belajar list building lebih lanjut. Simak ilustrasi ini.

Andi adalah seorang pemancing. Ia sangat handal sekali dalam memancing ikan. Setiap Ia lapar. Ia akan pergi ke sungai untuk memancing dan Ia sangat cepat sekali mendapatkan ikannya, dan Ia bawa pulang setelah mendapatkan ikannya. Tetapi ketika Andi sakit, Ia kewalahan. Karena di keluarganya yang bisa memancing hanya Andi. Sampai 3 hari ia tak melakukan mancing. Keluarganya tak makan, selain makan nasi dan garam.

Ada lagi Tama, dia juga seorang pemancing. Dalam memancing Tama tak kalah jauh hebatnya dengan Andi. Tapi ada kebiasaan yang sering dilakukan Tama, yang nggak dilakukan oleh Andi. Yakni membuat kolam di dekat rumah, untuk bisa menampung ikan yang masih hidup. Dan membiarkan ikan ikan berenang di kolam itu. Ketika Tama sedang nggak bisa memancing. Keluarganya tetap bisa makan dengan ikan.

Lapar di sini bisa diartikan kebutuhan cashflow (baca: pemasukan). Dan ikan yang maksud adalah orang atau prospek atau calon pembeli. Dan mereka semua adalah penghidup bisnis Anda.

Apakah Anda selama ini seperti Andi? Ketika Ada pembeli Anda biarkan begitu saja. Atau Anda tak membuat buku pengunjung untuk memasukan nama dan email (bisa juga nomor WA, pin BBM). Atau Anda nggak membuat produk GRATIS yang dibagikan untuk menarik pengunjung website Anda?

Apakah Anda sudah melakukan pola Tama? Kalau “Iya” berarti Anda sudah dijalan yang benar. Hehe.


Manfaat List Building

List Bulding itu banyak sekali manfaatnya, diantaranya Anda bisa mendapatkan penjualan tanpa perlu bersusah payah promosi di sosmed. Yang diibaratkan memancing di danau. Kalau Anda memiliki kolam sendiri di rumah. Maka Anda tak perlu memancing lagi. Cukuplah menggunakan jala. Hehe. Mantap kan?

Lalu tingkat konversi tinggi. Karena biasanya penjualan akan terus berulang. Karena mereka selalu setia menunggu info terbaru dari Anda. ROI  (Return on Invesment) pun sampai 38% lho.

Meminimalkan biaya iklan, karena Anda hanya perlu menggunakan software autoresponder dan email marketing untuk mempromosikan produk Anda. (rekomendasi softaware email marketing, klik dsini)

Penjualan bisa tetap terjaga. Karena yang sudah Saya katakan tadi. Karena mereka selalu menunggu produk yang selanjutnya, maka penjualan pun akan terjadi selanjutnya. Hehe.


Kenapa List Building?

Karena list building memudahkan Anda dalam membangun sebuah bisnis. Dengan Anda memiliki list building Anda akan lebih mudah membangun brand bisnis Anda sendiri.

Mas Fikry fatullah, awalnya seorang affiliate. Karena dia banyak mendengarkan keluhan leadsnya. Akhirnya dia mendirikan Kirim.Email. brand dia sendiri.

Ada juga Kang Fahmi, awalnya reseller kaca mata. Tetapi saat list sudah banyak dan hot market (baca: pelanggan yang loyal) akhirnya ia meluncurkan brand HotGlass.co.id.

Anda benar benar seperti sedang membangun kerajaan bila Anda mulai saat ini membangun list building. Percayalah list building itu menyelamatkan bisnis Anda dari kebangkrutan.

Ketika kita butuh inovasi, kita nggak tau harus bertanya kepada siapa untuk mendapatkan inovasi. Tetapi bila Anda memiliki list, maka sangat mungkin mendapatkan inovasi baru yang datang dari leads Anda.



List Bulding Mempercepat Uang Masuk Rekening

Saya memulai affiliate masih baru, sekitar 1 tahun Saya memulainya. Betapa ‘sakitnya’(baca: nyesek) Saya menjual kepada orang dan mereka nggak merespon promosi Saya. Padahal menurut Saya produknya bagus. Nah, terkadang kita nggak sadar. Kita menganggap produk itu bagus menurut kita, bukan menurut market. Jadi catat ya!

Akhir oktober akhirnya Saya membangun list email. Dengan memberikan produk gratis yakni tutorial membuat landing page dari blogger. 1 hari membludak jadi 468 email. Dari 0 hingga ratusan email.
Dan benar! Dengan list itu Saya berhasil mendapatkan 15 sales dari affiliare webinarbillionaire.com. dan Saya terus memanfaatkan list tersebut untuk mempromosikan produk yang Saya jual.

Sampai pada akhirnya Saya mempromosikan listkingdom.co di list email Saya. Alhamdulillah Saya bisa nangkrin di top 5. ^_^ (Masih mau nunda untuk menlist building?) Lihat gambar di bawah ini. Inilah apresiasi dari guru Saya Om Rianto Astono. Yang mengajarkan Saya tentang Internet Marketing. Thanks ya om ^_^




Kenapa Harus Email?

Ada banyak cara untuk menghasilkan leads. Tapi kita mau berfokus di kanal (saluran) yang mana? Yang terpenting Anda bisa kuasai traffic itu dan menghasilkan cashflow. Saya memilih email karena sangat mudah dan minim risiko.

Misal, bila Anda mengumpul pin BBM, risikonya Anda bila lupa pasword bbm, hilanglah kontak bbm Anda. Bila Anda menggunakan line@ dan tak sengaja line@-nya terhapus. Hilanglah listnya Anda. Kalau email, ketika dibanned oleh provider email marketing. Kita masih bisa mendapatkan listnya. Alias kita export. Dan kita bisa import ke provider email marketing yang baru. Sesederhana itu.

Bagaimana? Masih mau menunda untuk membangun list? Tunggulah penyesalannya di akhir. Hehe.


Rekomendasi Email Marketing
-          Listkingdom.co (sekali bayar)
-          Kirim.Email (murah dan berkualitas)
-          Mailerlite.com (gratis 1000 subcribers)


Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »