Bagaimana Melayani Pelanggan dengan Baik?



Bagaimana Melayani Pelanggan dengan Baik?


Berikan diatas harapan mereka.

Sebagai seorang praktisi (baca: yang melakukan) penjualan, memberikan pelayanan yang terbaik adalah sebuah keharusan (baca: service excellent). Karena bisnis itu melayani, kalau kita saja nggak mau melayani dengan baik, kaburlah customers kita.

Profit (baca: keuntungan) terjadi dan diterima oleh kita, adalah dari pelayanan kita berikan memang pantas untuk menerima bayaran, syukur syukur kita bisa memberikan lebih pelayanannya dari profit yang didapat. Karena dengan begitu, mereka akan loyal kepada kita. Alias repeat ordernya kenceng. Hehe.

Ada banyak buku dan pelatihan yang mengajarkan pelatihan. Dan ada banyak cara untuk meraih hati pelanggan, hehe. Salah satunya berikan diatas harapan mereka. Agar mereka merasa puas dan ketagihan dengan pelayanan kita.

Salah satunya Saya ketagihan dengan pelayanan di bank bank syariah. Mereka ramah ramah dan islami, alhasil Saya memiliki 3 rekening bank syariah, dari produk dan pelayanan mereka patut diacungkan jempol.

Bahkan ada Bank Syariah yang sangat Saya rekomendasikan kepada siapapun yang ingin memilikinya. Bahkan waktu itu Saya membawa teman saya ke bank tersebut untuk membuka rekening. Alias merekomendasikan.

Itu dari segi pelayanan SDM, belum lagi pelayanan dalam produk, dan masih banyak lagi. Menjual produk yang bagus dan berkualitas juga bagian dari Service Excellent, karena produk yang berkualitas pasti akan bermanfaat bagi orang yang menikmati produk itu, dan pada akhirnya orang itu merekomendasikan produk Kamu kepada teman teman, keluarga, sahabat, dan orang orang terdekatnya.

Karena yang Saya sudah singgung di awal, berikan pelayanan (baik produk maupun jasa) yang mampur melebihi harapan mereka. Caranya? Ya kita memposisikan diri sebagai customers kita.


Bagaimana Caranya?

Cara yang paling sederhana membuat orang lain suka dengan kita. Dan puas dengan pelayanan kita yakni memposisikan diri kita sebagai mereka. Karena Saya masih ingat Confusius mengatakan.

“Jangan Lakukan, apa yang oranglain tak ingin lakukan”

Maknanya sederhana dan Saya perluas.

“Lakukanlah, apa yang ingin oranglain lakukan”

Jadi Saya ini ingin dilayani oranglain secara ramah, cepat, akurat, berkualitas, dan profesional. Maka kita juga harus bisa memenuhi kriteria itu. Agar kita pun bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Sesederhana itu Saya melakukan service.

Mungkin ini hanyalah hal yang biasa terjadi dan terkadang oranglain mengabaikannya. Tapi Saya sendiri merasakan dengan melakukan seperti ini. Saya mendapatkan kepuasan tersendiri. Mari simak apa kata mereka.

Mereka bisa berbicara seperti itu. Apa yang Saya lakukan, semata mata karena Saya ingin diperlakukan seperti itu. Kalau ada Kata Rhonda Byrne dalam buku The Secret.

“Seperti di atas, begitu juga di bawah. Seperti di dalam, begitu juga diluar”

Tuh kan. Jadi menurut Saya telusuri dulu yang ada di ‘dalam’ baru bisa proyeksikan ke luar. Bagi Kamu yang saat ini belum menikmati kepuasan dalam arti melayani pelanggan. Segeralah lakukan pelayanan yang baik. Kalau belum tau caranya ikuti pelatihan atau seminar atau baca buku. Minimal kamu tahu. Apa yang harus dilakukan.


Dengarkan dan Eksekusi

Kalau Kamu nggak tau yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan pelayanan. Salah satunya tingkatkan kepekaan kamu dan dengarkan curhatan dan keluh kesah mereka. Guru Saya, Mas Fikry Fatullah senang banget, kalau ada kritikan dan saran yang masuk ke Kirim.Email. dan sekarang akhirnya Kirim.Email lebih friendly dan keren banget.

Jangan hanya dengarkan, tapi Eksekusi juga alias peraktekkan apa yang mereka butuhkan sebagai solusi. Karena itu akan menjadikan nilai tambah kamu di hadapan pelanggan. Dan mereka akan terus merekomendasikan produk dan pelayananmu kepada banyak orang.


So, mulai sekarang, belajarlah mendengarkan mereka, lalu berikanlah pelayanan yang terbaik. Sukses untuk usaha kamu.[]

Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »
0 Komentar