Olahraga itu KEBUTUHAN!



Banyak diantara kita yang enggan berolahraga, banyak alasan untuk tidak melakukan hal tersebut. Memang olahraga itu melelahkan, tetapi yang lebih melelahkan kalau kita tidak olahraga :D. Di sini saya hanya ingin berbagi dan mengingatkan kepada diri saya sendiri khususnya, semoga diantara juga bisa mengamalkannya, agar manfaat yang saya rasakan juga dapat kalian rasakan.

Banyak alasan untuk enggan berolahraga, entah itu lahan yang sempit, tidak ada waktu luang, kecapean setelah beraktivitas penuh, atau ingin berolahraga tetapi tidak mempunyai teman, haha. Ini alasan ketika saya masih minder untuk olahraga sendirian. (baca: Pede itu dibiasain, diblog ini)

Banyak alasan artinya menutupi atau membuka keinginan untuk melakukan hal yang diinginkan, alasan itu bersifat netral lho ya. Cuma tinggal kita menyikapinya bagaimana. Karena semakin banyak alasan positif untuk berolahraga, semakin bersemangat juga. Inget ya OLAHRAGA, jangan sampai tidak lurus niatnya. Hehe.

Manusia itu cenderung menghindari sengsara, mendekati nikmat. Jadi wajar saja, kalau diantara kita ada yang bersemangat atau ada yang bermalas malasan. Saya akui itu, lagi sakit ya tidak dianjurkan untuk olahraga, khawatir semakin parah sakitnya, hehe.

Tanya saja sama diri sendiri? Kira kira apa rugi kalau saya tidak berolahraga? Dan apa untungnya kalau saya berolahraga? Semakin banyak jawaban PENDERITAANnya, semakin kuat juga kalian untuk melakukan olahraga. Lho kenapa? Karean setelah membayangkan dan merasakan betapa ruginya jikalau tidak berolahraga, amat sangat menderita. Seperti pikiran selalu khawatir, timbullah perasaan cemas, tubuh pun jadi cepat lemas, atau bahkan banyak penyakit lainnya. Itu baru PENDERITAAN, jujurlah pada diri sendiri. Mengapa diri saya enggan untuk berolahraga. Padahal kita tahu olahraga itu nikmat dan sehat(bagi yang sudah menjalaninya).

Dibalik PENDERITAAN ada KESENANGAN nah kalau kalian sudah tau bila setelah olahraga hasilnya membuat tubuh lebih sehat, pikiran lebih jernih, perasaan lebih feelgood, dan jantung pun lebih sehat. Saya yakin kalian akan berolahraga, minimal satu minggu sekali. Hmm. Olahraga itu tidak hanya jogging, bermain bulu tangkis pun olahraga, bermain basket, bermain futsal, yang TERPENTING ADALAH NIAT UNTUK OLAHRAGA. Kerena otak kita bila difokuskan terhadap satu hal(baca: pikiran) akan menghasilkan hasil yang yang kita inginkan.

Ada pun olahraga mencakup 3 hal, yang pertama olah pikiran, pikiran itu hanya bisa memikirkan satu hal dalam satu waktu. Jadi kalau pikiran terfokus hanya satu yaitu olahrga, kita akan jauh lebih sehat pikirannya, jauh dari pikiran negatif dan pikiran pun jauh lebih tenang. Ini sesuai teknik menguasai emosi yang diajarkan Guru saya Tung Desem Waringin. Yaitu mengalihkan fokus, karena ketika kita galau itu kita hanya memikirkan kesedihan dan sebagainya.

Yang kedua olah perasaan. Anthony Robbins-Pelatih Sukses #1 Dunia-mengatakan “our emotion creatd by motion”, atau “Emosi kita dibentuk dari gerakan” nah ketika kita berolahraga otomatis perasaan kita berubah 100% karena Emosi(perasaan) menyatu dengan Fisiologi(Tubuh). Semakin digerakan tubuh kita, maka akan semakin semangatlah perasaan kita. Tidak percaya, buktikan ini. Lakukan ini untuk membuktikan Tubuh dengan Perasaan itu terkoneksi. Kalian berdiri dan angkat kepala kalian melihat ke atas sambil senyum dengan lebar :D, lalu bayangkan kesedihan. Apa yang terjadi? Ya Anda tidak akan mengalami SEDIH, yang ada Anda hanya tertawa, mentertawakan hal yang sedih tadi. Hmm menarik juga ya!.

Yang ketiga olah pernafasan. Paru paru kita mau tidak mau harus menyesuaikan kondisi(saat sedang lari) karena pernafasan perut yang biasa kita lakukan saat berolahraga. Ternyata itu sangat bermanfaat sekali terhadap tubuh kita, terutama otak, karena oksigen yang mengalir ke otak cukup banyak. Dan menghasilkan pikiran yang jernih serta ucapan yang bisa kita saring kembali. Orang yang mengatakan hal yang negatif itu karena tidak sadar apa yang ia ucapkan, tapi ketika pikiran sudah segar. Ucapan pun akan lancar, yang positif tentunya ya.


Nah sekarang saya sudah beri tahu banyak manfaat dari olahraga. Otak manusia, mudah sekali diprogram untuk melakukan sesuatu asalkan kita tahu manfaat apa yang kita peroleh. Cukup sekian, saya ucapkan SALAM DASHAY! J[]

Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »
0 Komentar