SNMPTN? Enjoy aja.


Selamat malam netter dimana pun Anda berada. Tulisan ini saya persembahkan buat yang lagi bingung bingungnya milih jurusan apa yang harus diambil saat SNMPTN.

          Tinggal menghitung hari buat SNMPTN. Apaan sih itu SNMPTN? Kepanjangan dari SNMPTN itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negara. Kamu bisa masuk Perguruan Tinggi favorit dengan enggak susah payah. Kenapa? SNMPTN itu tergantung nilai rapor kamu aja. Kalau emang nilai kamu mendominasi delapan dan delapan ke atas. Kamu berpeluang untuk masuk perguruan tinggi sangatlah besar.

          Bingung menentukan pilihan? Enggak sedikit orang yang salah menentukan pilihannya. Contoh saya ketika SD senang banget sama matematika. Entah kenapa hasil psikotes saya, IPA dan IPS lebih baik IPS. Karena dorongan keluarga. Akhirnya saya memilih IPA. Saya enggak menyesal, malah saya beruntung. Karena jurusan IPA bisa masuk mana pun, hehe. Sekarang pun tetep enjoy aja, walaupun enggak maksimal jadinya. Ngerti kan maksudnya? Jadi kalau kamu mau milih jurusan. Jangan asal pilih, kenapa? Karena jurusan yang kamu pilih itu sesuai dengan kesukaan kamu. Lho kenapa harus sesuai dengan kesukaan sih? Tentu dong, karena kamu enggak akan menikmatinya kamu akan cepat capek, cepat frustasi, cepat ngantuk, dan cepat galau. Bayangkan saja siswa IPS diminta untuk analisis kecepatan cahaya. Atau siswa IPA menceritakan letak letak yang ada di Indonesia. Tentunya mereka akan muntah bukan? Ckcks. Ilustrasinya begini “kamu makan tapi bukan makanan yang kamu sukai” gimana enek bukan? Pastinya, jangankan untuk makan. Melihatnya pun malas. Nah begitu juga dengan jurusan yang kamu pilih. Harus sesuai dengan apa yang kamu sukai.

          Ternyata jurusan yang kamu sukai banyak peminatnya, sehingga peluang untuk masuk ke PTN itu kecil. Jangan khawatir kawan. Jangan sampai kamu mengubur hidup hidup impian kamu. Lho kenapa? Cuma karena banyak pesaingnya kamu mundur dari impian kamu. Siapa yang tahu, kalau impian kamu terwujud dalam usia 20an.

          Menyikapi jurusan yang dibanjiri peminatnya. Carilah jurusan yang kamu sukai tetapi dengan peminat yang sedikit. Misalnya jurusan sastra rusia, tetapi kamu kepengennya sastra inggris. Selama kamu bisa menerima kenyataan itu, kenapa enggak kamu coba dengan sastra rusia. Toh kamu kan senangnya dengan sastra juga. Ingat!! kalau kamu enjoy dengan pilihan mu, itu akan memudahkan kamu saat belajar. Kenapa? Karena melakukan hal yang menyenangkan akan menghasilkan hormon dopamin dan serotonin yang bisa membuat kamu selalu feel good, sehingga kamu akan tetap enjoy saat belajar sastra rusia. Contohnya

          Saya ingin sekali bisa masuk jurusan Psikologi, tapi sayangnya peminat Psikologi di Universitas yang saya tuju, banyak peminatnya. Saya enggak ingin kecewa dengan pilihan saya. Maka dari itu saya menarik harapan saya sebelum saya kecewa. Akhirnya saya menentukan pilihan saya, yakni FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) jurusan Antropologi. Karena saya sudah mengukur diri saya, bahwa saya akan kesulitan bila memilih Psikologi sebagai pilihan utama di SNMPTN. Maka dari itu saya memilih Antroplogi sebagai jurusan yang saya sukai. Perbedaanya hanya sedikit, Psikologi itu ilmu yang mendalami apa yang ada di ‘dalam’ manusia(jiwa). Bila Antropologi ilmu yang mendalami apa yang di ‘luar’ manusia(hubungan). Saya suka sekali dengan dunia sosial, maka dari itu pilihan jurusan ini, semoga bisa menyalurkan kesenangan saya terhadap sosial.
          Saya akan mengutip kata-kata Dr. Ibrahim Elfiky(Maestro Dunia) “ketika Tuhan menutup satu jalan, bukan berarti Tuhan menutup semuanya. Melainkan Tuhan akan memberikan jalan yang lebih baik dari sebelumnya”. Bukan berarti saya mengubur impian saya, tetapi saya menunggu impian itu terwujud. Saya sangat bersyukur bisa masuk PTN(Perguruan Tinggi Negeri), karena saya ingin membalas jerih payah orangtua saya, walaupun itu semua enggak ada apa-apanya dibandingkan usaha mereka yang mampu mensekolahkan saya hingga tinggi.

          Jadi apakah kalian sudah menentukan pilihannya? Ayolah waktunya tinggal beberapa hari lagi. Jangan sampai memilih saat hari H, karena itu yang membuatmu stress dan akhirnya kamu sulit menentukan pilihan yang kamu sukai.

Kesimpulannya adalah memilih jurusan sesuai dengan kesukaan. karena bila diawali dengan cinta itu semua akan indah dan mudah. Bila yang kamu sukai banyak peminatnya, jangan sedih masih banyak jalan untuk menyalurkan kesenangan mu. Tetap tangguhkan IMPIANmu.

Terima kasih, sekiranya bermanfaat. Silahkan tentukan pilihan Anda saat ini juga. Tulis dikomentar, Karena IMPIAN yang ditulis adalah sebuah DO’A juga.

do’akan teman saya:
Ani Apriani – Ilmu Komputer, Universitas Indonesia;
Habiburrahman – FISIKA, Institute Teknologi Bandung;
Widya Pangestika – Astronomi, Institute Teknologi Bandung;
Ambar Tri Wardani – Psiklogi, Universitas Indonesia;
Ahmad Mudrika – Sastra Sunda, UNiversitas PAdjadjaran;
Cynthia Calista Herlambang Putri – Ilmu Gizi, Universitas Diponegoro.[]



Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »
0 Komentar