Tes Karakter

Selamat sore teman – teman :-D

Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan untuk mengenali karakter diri sendiri dan oranglain. dan agar mudah diingat, sekaligus dibayangkan juga yah :-D

***

Pernahkah kalian tersinggung saat oranglain mencoba mengajak Anda bercanda ? mungkin pernah saat kondisi badmood. Bagaimana respon Anda terhadap teman Anda ? cuekkah ? marahkah ? semua jawabannya menentukan karakter Anda. Bila Anda marah itu artinya Anda tipe Audiotorial, bila cuek itu artinya Anda tipe visual. Aduh ini apa sih ? | oke tetap lanjut yah bacanya :-D

Hal ini sering terjadi di lingkungan sekolah. Saat peristiwa ini terjadi dalam hidup Anda, sebaiknya Anda hanya cukup memakluminya, karena tidak ada manusia yang sempurna. Agar lebih tenang menyikapinya, program dalam pikiran Anda “semua manusia tidak ingin melakukan kesalahan”. Sehingga Anda bisa mengerti perbedaan karakter teman Anda. Perlu Anda ketahui lho ya kita ini adalah produk masa lalu, siapa yang mengira mereka bisa memilih masa lau yang baik bahkan sangat baik.

Saat Anda sudah bisa mengerti keadaan, ketenangan alamiah pun akan menghampiri Anda. Karena mengerti adalah indikator menghindari rasa sakit. Saat kita mengerti karakter teman kita seperti itu, mungkin kita akan lebih memaklumi kenapa dia seperti itu. Ada pun perbedaan sikap yang tidak mengenakan kita, yakni latar belakang yang sedang mereka hadapi. Entah itu masalah di rumah, sekolah atau lingkungan.

Jadi sebelum menilai seseorang sebaiknya lihatlah terlebih dahulu karakter dan latar belakang yang dialaminya saat ini. Agar Anda tidak terjebak perasaan badmood yang tiba – tiba. Sebenarnya membahas karakter seseorang sangat luas apa lagi sudah membahas tentang jiwa.

Tetapi yang perlu kalian ketahui dari karakter teman teman anda adalah dari kesukaannya ya betul kesukaannya. Coba kalian tanyakan kepada teman Anda. Manakah yang kalian suka darimenonton televisi/atau video, mendengarkan musik, dan melihat orang yang ngedance?. Bila teman Anda menjawab semuanya tidak menyukai, sebaik tanyakan kembali. Mana yang lebih dominan dari ke-tiga pilihan tersebut.

Jika teman Anda memilih suka menonton itu artinya karakter teman Anda adalah visual. Tipe ini, biasanya karakter ini lebih mengutamakan keindahan walaupun dalam kondisi sederhana atau pasangan idamannya yakni tampan atau cantik :-D. Karakter ini mempunyai sifat perfesionis yang terkadang merugikan dirinya sendiri, lho kenapa ? bayangkan saja saat ada noda sedikit dibajunya dia akan merasa galau.

Bila dipikir pikir itu hanya sedikit dan tidak berpengatuh dengan penampilan. Saat berbicara pun, intonasinya naik turun dan cenderung cepat. Dia cenderung suka dengan pemberian yang bersifat material atau berwujud katakanlah seperti jam tangan, sendal jepit, kaos kaki :-D dan lain lain.

Saat berbicara pun seadanya. tidak suka yang panjang kali lebar. Jadi jangan dianggap cuek lho ya, memang seperti itu karakternya. Ketika berbicara lirikan matanya dominan ke atas. Karakter ini lebih cepat paham sesuatu melalui gambar. Akan lebih termotivasi dengan gambar yang menarik. Dan saat balas sms pun lebih suka sms singkat :-D

Jika teman Anda memilih suka mendengarkan musik itu artinya karakter teman Anda adalah audiotorial. Tipe ini, cenderung cerewet tapi mempunyai komunikasi yang baik. Karena selalu saja ada bahan pembicaraan. jadi maklumi saja ya ketika teman kamu yang mungkin ‘cerewet’ :-D memang begitu karakternya. Dia akan tersanjung saat diberi perhatian, pujian, atau surat cinta :-D.

Saat berbicara itu perlahan tetapi sangaaaat panjang apa yang dibicarakannya. Dia akan merasa sakit hati bila saat berbicara tidak didengarkan. Dia akan termotivasi dengan musik yang beatnya cepat. Dia lebih cepat mengerti dari sebuah audio. Ketika berbicara lirikan matanya akan mendatar tidak ke atas tidak ke bawah. Ketika sms pun rasanya tidak nyaman bila isinya singkat, dan pasangan idamannya yakni yang penuh dengan perhatian :-D.


Yang terakhir, jika teman Anda memilih suka melihat orang yang ngedance. Itu artinya tipe karakter ini kinestetik. Mungkin saya memahami karakter ini belum terlalu luas, karena saya belum mengamatinya secara rinci. Biasanya tipe karakter ini lebih suka diam, pemalu. saat berbicara atau pun bertindak dia lebih mempercayai perasaannya. Jika nyaman dia akan melakukannya, bila tidak dia akan diam.

Orang ini cenderung menyukai rangkulan, dia akan merasa disayang saat ada seseorang yang merangkulnya. Cara smsnya pun terkadang dijawabnya singkat. Jadi saat orang ini sedih yang dibutuhkan adalah rangkulan bukan pujian bukan pula baju baru :-D. Saat berbicara cenderung ke bawah. Dan idamannya pasangannya yakni yang bisa membawa rasa nyaman :-D.

Teman – teman senang sekali rasanya saya bisa sharing, dan mungkin ini menjadi pengetahuan baru untuk kalian. tiga tipe kerakter ini semuanya baik. Hanya saja ada kekurangan dan kelebihan, jangan pernah merasa bangga dengan apa yang miliki dan tidak perlu merasa minder saat tidak memiliki. Netral saja gitu lho.

***

Kalian #YouBeStrong, kenapa demikian ? karena kalian mampu untuk melakukan hal yang sulit sekali pun. Dan semua itu didasari CINTA. Dengan CINTA kita bisa hidup bersemangat dan dengan CINTA kita hidup dengan sengsara :-D. Bercanda kok.

Semua orang punya impian, iyap betul sekali. Bila hidup ini tanpa impain bagaikan ikan berenang di aquarium tanpa air :-D. Oke #SalamHebat #IwannaBeTRainer Semoga Bermanfaat 

Adalah Seorang Pemuda yang memiliki keinginan tahu yang tinggi. Sehingga kegemarannya dalam mengutak ngatik, kini Ia salurkan ke Dunia Teknologi Informasi. Disamping itu, Ia juga suka akan dunia Pengembangan Diri dan Bisnis. dan Kini Ia menjadi Seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas Swasta di kota Tangerang.

Previous
Next Post »
0 Komentar